Ingin dapat pasif income dan uang halal sambil facebookan, instagram , twitter - income syariah

rahasia keajaiban dan keutamaan manfaat shalat subuh berjamaah

rahasia-keajaiban-dan-keutamaan-manfaat-sholat-subuh-berjamaah
rahasia keajaiban dan keutamaan manfaat sholat subuh berjamaahrahasia-keajaiban-dan-keutamaan-manfaat-sholat-subuh-berjamaah

Shalat Subuh adalah salah satu shalat fardhu ( shalat wajib )  dari shalat lima waktu yang dilakukan pada saat fajar sampai menjelang matahari terbit.

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78)

Padahal banyak keutamaan dan rahasia sholat subuh yang bisa didapat apabila seseorang mengerjakan shalat subuh. Tidakkah kita takut dikatakan sebagai orang yang munafiq karena meninggalkan shalat shubuh? Dan kebanyakan orang meninggalkan shalat subuh karena aktivitas tidur. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)


Pemimpin yahudi pernah bilang kalau bangsa yahudi akan takut sama Islam kalau jumlah muslim yang shalat subuh berjamaah di mesjid jumlahnya sama kayak jumlah umat muslim ketika shalat jumat. 


Mereka tau keistimewaan shalat subuh. Nabi Muhammad SAW pun pernah mengucapkan kalau umat muslim tau keistimewaan dan kebesaran shalat berjamaah subuh, mereka pun akan rela untuk merangkak ke mesjid.

Mengapa Yahudi takut pada banyaknya jamaah pada subuh? Tentu saja, Karena sholat subuh adalah indikator kesadaran dalam berislam.

Untuk itu mari biasakan  untuk tidak melewatkan sholat subuh berjamaah , bilamana di mesjid-mesjid ( tajuk / surau ) terdengar suara kumandang adzan subuh , 
 “ash shalaatu khairun minan naum“ shalat itu lebih baik dari pada tidur". yang mengajak kita meninggalkan tempat tidur untuk segera beribadah sholat fajar.
dan secepatnya kita bangun untuk menjalankan perintah Allah SWT dengan melaksanakan sholat subuh berjamaah.

Dahsyatnya keutamaan sholat subuh tersirat dalam hadist nabi ;

“Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan (waktu Isya’ dan Subuh) menuju masjid dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat” [HR. Abu Dawud, At-Tarmidzi dan Ibnu Majah]

“Shalat berjamaah (bagi kaum lelaki) lebih utama dari shalat salah seorang kamu yang sendirian, berbanding dua puluh tujuh kali lipat. Malaikat penjaga malam dan siang berkumpul pada waktu shalat Subuh”. 


“Kemudian naiklah para Malaikat yang menyertai kamu pada malam harinya, lalu Rabb mereka bertanya kepada mereka - padahal Dia lebih mengetahui keadaan mereka - ‘Bagaimana hamba-2Ku ketika kalian tinggalkan ?’ Mereka menjawab, ‘Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat dan kami jumpai mereka dalam keadaan shalat juga’. ” [HR Al-Bukhari]

Pahala shalat shubuh

“Barang siapa yang menunaikan shalat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Shalat Subuh menjadikan seluruh umat berada dalam jaminan, penjagaan, dan perlindungan Allah sepanjang hari. Barang siapa membunuh orang yang menunaikan shalat Subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka” [HR Muslim, At-Tarmidzi dan Ibnu Majah]

Kemudian, dalam sabda lainnya disebutkan, “Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim)

Barangsiapa berjamaah dalam shalat subuh dan Isya maka baginya dua kebebasan, yaitu kebebasan dari kemunafikan dan kebebasan dari kemusyrikan. [Abu Hanifah]

Berikut adalah hikmah keistimewaan sholat subuh dan keutamaan sholat subuh :

1. Sholat Subuh adalah faktor dilapangkannya rezeki. Dalam QS. AT-Thalaq : 2-3 ” barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberikannya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka.”

2. Sholat Subuh menjaga diri seorang muslim. Imam Muslim meriwayatkan dalam shohihnya, dengan sanadnya sendiri, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda ” Barangsiapa melaksanakan Shalat subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminanNya kepada kalian dengan sebab apapun. Karena barang siapa yang Allah cabut jaminanNya darinya dengan sebab apapun pasti akan tercabut. Kemudian Allah akan telungkupkan wajahnya dalam neraka jahanam ”

3. Sholat Subuh sama dengan sholat malam semalam suntuk. Rasulullah SAW bersabda bahwa ” Barang siapa yang melaksanakan Shalat Isya secara berjamaah maka ia seperti Shalat malam separuh malam. Dan barang siapa yang melaksanakan Shalat Shubuh secara berjamaah maka ia seperti Shalat malam satu malam penuh.”

4. Sholat Subuh adalah tolok ukur keimanan. Nabi bersabda, ” Batas antara kita dengan orang munafik adalah menghadiri Shalat Isya dan Shubuh sebab orang-orang munafik tidak sanggup menghadiri kedua Shalattersebut.”

5. Sholat Subuh adalah penyelamat dari neraka. Muslim meriwayatkan dalam shahihnya, demikian juga Imam Ahmad dalam Musnadnya, bahwasanya rasulullah SAW bersabda : ” Tidak akan masuk neraka orang yang melaksanakan Shalat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamya.”

6. Sholat Subuh adalah salah satu penyebab seseorang masuk surga. Bukhori mengeluarkan dalam Shohihnya dengan sanadnya bahwa Rasulullah SAW bersabda ” Siapa yang melaksanakan Shalat dua Shalat bardain, ia masuk surga.”

7. Sholat Subuh akan mendatangkan nikmat berupa bisa melihat wajah Allah yang mulia. Raulullah SAW bersabda ” Sesunguhnya kalian nanti akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan ini atau kalian tidak akan kesusahan untuk melihatNya. jika kalian sanggup untuk tidak meninggalkan Shalat sebelum terbit matahari dan sebelum tenggelamnya maka lakukanlah. ” kemudian beliau membaca ayat ini Dan bertasbihlah dengan memuji Rabb Mu sebelum terbit matahari dan sebelum tenggelamnya. ( QS. Thaha : 30 )

8. Sholat Subuh adalah suatu syahadah (kesaksian, bukti), khususnya bagi yang konsisten memeliharanya. Rasulullah SAW bersabda ” Malaikat-malaikat siang bergantian mendampingi kalian dengan malaikat- malaikat malam, dan mereka berkumpul pada waktu Shalat Shubuh dan Ashar. 


setelah itu malaikat yang semalaman menjaga kalian naik ke langit lalu Allah bertanya kepada mereka-dan dia lebih tau tentang mereka-Bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaku? mereka menjawab ”kami meningalkan mereka dalam keadaan Shalat dan kami datang kepada mereka ketika mereka shalat.”

9. Sholat Subuh adalah kunci kemenangan. Bukhori meriwayatkan dengan sanadnya bahwa apabila Rasulullah SAW hendak menyerbu suatu kaum beliau menundanya hingga tiba waktu subuh, Jika beliau tidak memerangi di pagi hari beliau tunggu hingga matahari tergelincir dari tengah-tengah.

10. Sholat Subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya. Imam Muslim Ahmad dan yang lain meriwayatkan bahwasanya rasulullah SAW bersabda ” Dua rokaat Shalat subuh, lebih baik daripada dunia dan seisinya.”

Demikian uraian mengenai keistimewaan juag pentingnya menjalankan sholat lima waktu terlebih sholat subuh yang didalamnya terdapat rahasia keajaiban dan keutamaan sholat subuh bagi yang selalu melaksanakannya.


related post




2 Responses to "rahasia keajaiban dan keutamaan manfaat shalat subuh berjamaah"

  1. Semoga saudara ku dapat memngambil hikmah dan menambah keyakinan untuk menjadikan sholat subuh sebagai sandaran hidupmu dlm mencapai tujuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, semoga kita bisa istiqomah dalam menjalankan sholat shubuh berjamaah di mesjid mengingat begitu susahnya untuk bisa melaksanakan sholat shubuh ketika mata masih mengantuk,, tapi dengan niat yang kuat dan tulus mengharapkan ridho Allah SWT, semoga kita bisa istiqomah melaksanakan perintah Sholat 5 waktu dengan cara berjamaah,, Amiin

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.

loading...