daftar menu resep makanan sehat buka puasa dan sahur mudah dan praktis

daftar-menu-makanan-sehat-buka-puasa-dan-sahur-mudah-dan-praktis

Marhaban ya ramadhan,, Bulan Ramadhan telah datang, diseluruh dunia menyambut bulan suci ramadhan dengan gembira , khususnya para ibu -ibu rumah tangga sibuk dengan cara memanage keuangan lebih sedikit dalam menyiapkan dan membuat menu makanan sehat murah untuk berbuka atau makan sahur.

Bulan puasa kali ini terlihat lebih prihatin dengan keputusan pemerintah menaikan BBM berdampak dengan kenaikan harga bahan pokok makanan sehingga untuk sebagian keluarga terasa lebih prihatin dalam berbuka dan sahur, namun itu semua tidak berarti dengan nilai-nilai keagungan dan keistimewaan, keutamaan bulan puasa ramadhan dengan menu sederhana praktis dan murah dengan tidak mengesampingkan kandungan kesehatan pada makanan menu buka puasa
ramadhan  dan sahur.

Berikut tips cara membuat menu-menu sehat buka puasa dan sahur mudah dan praktis


Menu puasa saat makan sahur :

1.Mengutamakan air, vitamin, dan elektrolit.
  Langkahnya pertama minum air kelapa dahulu, karena sifat elektrolit di air kelapa, maka kita akan masih merasa haus baru dilanjutkan dengan minum air putih. Saat tidur tubuh kehabisan berat 1 sampai 2 kg, dan itu adalah air. Jadi memulai puasa dengan restorasi cairan adalah cara yang baik.

2. Menu selanjutnya yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Memulih jenis karbohidrat ini dikarenakan tahan lama dalam menjadikan gula darah stabil, jadi membuat mood menjadi menjadi baik.

3. Makanan berserat jangan sampai dilupakan, seperti berasal dari sayur atau buah. Serat ini berfungsi untuk membersihkan usus, serat juga dinamakan sebagai sapu alami yang memberikan peran membersihkan sisa-sisa daging di sela usus.

4.Pilih lemak sehat  lemak dari minyak yang tidak digoreng, contohnya zaitun, minyak kelapa . Lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lamban, jadi bisa lebih lama menahan lapar.


Menu saat buka puasa :

1.Perbanyak minum manis-manis yg alami tanpa gula. Bisa seperti air kelapa, jus buah melon atau semangka dan buah lainnya.

2. Karbohidrat kompleks akan lebih baik plus makanan yang tidak digoreng. Nasi putih, dan makanan yang digoreng bisa menyebabkan ngantuk waktu sholat tarawih.

3. Setelah buka puasa, minum lagi air putih kalau bisa sampai sekitar 1 lter air putih sampai waktu menjelang saat tdur malam.


related post

1 comment:

  1. Menu Berbuka Puasanya tanpak menggoda banget, kalau dah bikin kayaknya mesti dijauhin deh sebelum waktunya berbuka. Takut lupa kalau lagi puasa.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.

Komentar sobat jangan mengandung unsur ;

1.Penghinaan dan pelecehan
2.Komentar Spam
3.Link aktif atau teks anchor