hikmah keutamaan dan keistimewaan manfaat shaum bulan puasa ramadhan

hikmah-keutamaan-dan-keistimewaan-manfaat-shaum-bulan-puasa-ramadhan

Keistimewaan bulan ramadhan adalah bulan suci agung yang selalu dirindukan dan dinantikan kedatangannya oleh orang-orang beriman dan taqwa .
Sebagai orang mukmin yang bertaqwa seharusnya bergembira  dan menyambut datangnya syahrul ramadhan yang membawa 8 kemuliaan dan keistimewaan yaitu sebagai dan Syahrun Azhim, Syahrul Mubarak, Syahru Nuzulil Qur’an, Syahrus Shiyam, Syahrul Qiyam, Syahrus Sabr, Syahrul Musawwah, dan Syahrul Yuzdaadu fiihi Rizqul Mu’min

Pada bulan puasa ( shaum ) ramadhan Allah SWT mengkhususkan dan meng-istimewakan bulan ramadhan sebagai bulan amalan sholeh , dan  Allah SWT  mencurahkan kasih sayang sepenuhnya kepada umat-Nya yang beriman dibanding dengan bulan-bulan yang lain  Marhaban Ya Ramadhan,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan kepada kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu,supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa." (S.al-Baqarah:183).

Secara harfiyah puasa shaum ramadhan artinya menahan, yakni menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan ( shaum ) puasa ramadhan sejak terbit fajar sampai terbenam matahari agar bisa membakar dosa-dosa seorang mukmin dan insya Allah dia akan kembali kepada fitrah atau kesuciannya.

Ada beberapa hikmah dan keutamaan ( keistimewaan ) bulan suci Ramadhan

1.Puasa dan Al-Qur’an memberi syafaat bagi seorang hamba pada hari kiamat. puasa berkata : Wahai Robb, aku telah menahannya dari makanan dan syahwat maka berikanlah syafaat. Al-Qur’an berkata : Wahai Robb, aku telah menahannya dari tidur dimalam hari maka berilah syafaat. Rosulullah berkata : maka keduanya memberi syafaat.”

2.Semua amalan anak Adam untuknya dan dilipat gandakan setiap satu kebaikan (dianggap) sepuluh kali kebaikan tersebut dan dilipat gandakan menjadi 700 kali. Allah berfirman : Kecuali puasa, karena amalan itu untuk-Ku dan Aku akan membalasnya. (disebabkan) meninggalkan sahwatnya dan makanannya demi Aku

3. Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan iman dan pengharapan (pahala), diampuni dosa-dosa yang telah lampau.

4.Untuk orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan : kebahagiaan ketika berbuka puasa. dan kebahagiaan ketika menemui Tuhannya.”

5.Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mencari ridha Allah, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

6. Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan kemudian diikuti dengan 6 hari di bulan Syawal, maka puasanya seperti puasa setahun"

7.Barangsiapa yang bangun pada bulan Ramadhan (bangun untuk sholat Tarawih) dengan penuh keimanan dan mencari ridha Allah ,maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

beberapa manfaat shaum puasa di bulan ramadhan bagi kesehatan tubuh manusia:

1.Puasa ramadhan mengistirahatkan pencernaan dan perut dari kelelahan kerja yang terus menerus, mengeluarkan sisa makanan dari dalam tubuh, memperkuat badan.sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.


2.Puasa ramadhan bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari racun kotoran  dengan puasa berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh.

3 Puasa ramadhan bermanfaat untuk mendorong terjadinya pergantian sel-sel tubuh yang rusak dengan yang baru (peremajaan).

4.Puasa ramadhan bermanfaat untuk memperbaiki fungsi hormon dan juga meningkatkan fungsi organ tubuh

related post

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.

Komentar sobat jangan mengandung unsur ;

1.Penghinaan dan pelecehan
2.Komentar Spam
3.Link aktif atau teks anchor