Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik , LOGO dan desain grafis lainya
Email : mastertracer69@gmail.com

Contoh Soal Kompetensi Seleksi Pemilihan Guru Berprestasi Lengkap Kunci Jawaban

Contoh-Soal-Kompetensi-Seleksi-Pemilihan-Guru-Berprestasi-Lengkap-Kunci-Jawaban
Contoh Soal Kompetensi Seleksi Pemilihan Guru Berprestasi Dan Kunci Jawaban - Guru adalah pahlawan pendidikan dengan tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik naik siswa , mahasiswa maupun kelas terbuka untuk para karyawan yang melanjutkan jenjang pendidikan

Salah satu bentuk penghargaan yang diberikan kepada guru berprestasi adalah dengan diselenggarakannya Seleksi Guru Berprestasi. Pemilihan Guru Berprestasi diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi dan menumbuhkan keteladanan guru di Indonesia.

Peningkatan kompetensi ini diharapkan akan berdampak positif terhadap karier guru dan mutu pendidikan secara nasional. Kompetensi tersebut, meliputi kompetensi profesional, kompetensi pedagogik. kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.

Berikut adalah Contoh Soal Kompetensi Seleksi Pemilihan Guru Berprestasi Dan Kunci Jawaban 

1. Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini, pengguna dapat pula mengarsipkan surat- surat yang diangap penting dengan menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan....

a. Teleconverence

b. Email

c. Website

d. Chatting

e. Browsing

2. Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan..............

a. Elaborasi

b. Eksplorasi

c. Konfirmasi

d. Browsing

e. Contextual teaching learning

3. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ........

a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik.

b. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.

d. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

e. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.

4. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut ...

a. 1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 

2) penyiapan kondisi psilogis peserta didik

 3) respons peserta didik untuk merespons; 

4) reaksi guru terhadap respons peserta didik.

b. 1. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 

2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 

3. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 

4. respons peserta didik untuk merespons;

c. 1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon;

   2) respons peserta didik untuk merespons; 

  3) reaksi guru terhadap respons peserta didik;

  4) penyiapan kondisi psilogis peserta didik

d. 1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 

   2) respons peserta didik untukmerespons; 

  3) reaksi guru terhadap respons peserta didik;

  4)penyiapan kondisi psilogis peserta didik.

e. 1) penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 

  2) memberikanpertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 

  3) respons peserta didik untuk merespons;

 4) reaksi guru terhadap respons peserta didik.


5. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....

a. Metode pembelajaran

b. Pendekatan pembelajaran

c. Strategi pembelajaran

d. Gaya pembelajaran

e. Kemampuan belajar


6. Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-faktor di bawah ini ....

a. Intake Siswa

b. Tingkat kesulitan

c. Sarana pendukung

d. Bakat dan Minat siswa

e. Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung


7. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

a. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap

b. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma

c. fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur, fungsi

d. fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur

e. konsep, definisi, aksioma, prosedur,


8. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan....

a. kompetensi dasar

b. standar kompetensi

c. indikator

d. metode pembelajaran

e. sumber belajar


9. Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :

1. potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah

2. tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan spiritual peserta didik

3. kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran

4. kemampuan guru dan ketersediaan referensi

5. relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu

6. dana yang tersedia Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,guru harus

memperhatikan antara lain nomor....

a. 1, 2, 3, 4      b. 2, 3, 5, 6       c. 1, 2, 3, 5       d. 1, 2, 4, 5     e. 3, 4, 5, 6


10. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut........

a. menentukan kriteria keberhasilan belajar

b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya

c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan

d. merencanakan pengajaran remidi

e. mengadakan tes remidi


11. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:

a. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

b. memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi

c. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai.

d. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi

e. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda


12. Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

a. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan pengayaan

b. Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian

c. Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian

d. Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program perbaikan dan pengayaan

e. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian


13. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk....

a. mengukur ketuntasan peserta didik

b. mengukur efektivitas proses pembelajaran

c. mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik

d. menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya

e. mengetahui materi yang belum terbahas dalam proses pembelajaran


14. Standar Penilaian Pendidikan diatur dalam Permendikbud RI Nomor ...

a. Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016

b. Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2016

c . Permendikbud s RI Nomor 24 Tahun 2016

d. Permendikbud RI Nomor 25 Tahun 2016

e. P Permendikbud RI Nomor 26 Tahun 2016


15. Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan....

a. soal pilihan ganda

b. soal jawaban singkat

c. soal uraian objektif

d. pedoman penskoran

e. tes performance


16. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara....

a. memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas peserta didik

b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan akhir semester tiap peserta didik

c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

d. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap peserta didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalam memahami pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi

e. mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas, gambar- gambar dan hasil ulangan tiap peserta didik


17. Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, harus memperhatikan....

a. substansi, konstruksi, bahasa

b. substansi, konstruksi, validitas, skor

c. substansi, bahasa konstruksi, skor

d. substansi, validitas, bahasa, reliabilitas

e. substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas


18. Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah....

a. Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal

b. Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes

c. Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan norma, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian

d. Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian

e. Tes tertulis, tes lisan, tes praktik atau teskinerja, tugas proyek, portofolio


19. Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul adalah....

a. Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik, bahan laporan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran

b. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah

c. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran dan tanpa memperhatikan hasil penilaian oleh pendidik

d. Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan

e. Ujian sekolah mencakup semua mata pelajaran kelompok IPTEK, agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian


20. Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek...

a. kepribadian, kognitif, afektif

b. kognitif, kepribadian, psikomotor

c. afektif, kognitif, mental

d. kognitif, psikomotor, afektif

e. psikomotor, kognitif, minat


21. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk erefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara....

a. guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran

b. guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung

c. guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar

d. guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar


22. Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan dengan cara.....

a. memberikan penilaian terhadap aktivitas, tahap kemajuan dan hasil kerja siswa dari proses belajar di kelas maupun di luar kelas.

b. memberikan pre test maupun pos test secara tertulis setiap kali proses pembelajaran

c. mengadakan ulangan harian rutin secara terjadwal

d. mengadakan ulangan harian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada siswa

e. mengadakan ulangan tengah semester dan akhir semester


23. Penilaian merupakan salah satu proses penting dalam penilaian. Prinsip- prinsip penilaian yang harus dipedomani adalah penilaian harus dilaksanakan secara....

a. sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, menyeluruh, terpadu, berkesinambungan, objektif, efisien dan efektif, sistematis, akuntabel

b. terbuka, bermakna, adil, sahih (valid), efisien dan efektif, menyeluruh, terpadu, akuntabel, menggunakan acuan norma

c. sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, objektif dan efisien, berkesinambungan, terpadu, menyeluruh

d. terbuka, adil, bermakna, menyeluruh, objektif, efektif dan efisien, terpadu, berkesinambungan, adil

e. sahih (valid), adil, objektif, terbuka, bermakna, menyeluruh, berkesinambungan, terpadu, sistematis, menggunakan acuan kriteria, akuntabel


24. Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, hal yang harus dilakukan adalah :

a. Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan

b. Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran

c. Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.

d. Menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan

e. Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telah disusun)


25. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran hal yang perlu diperhatikan adalah :

a. Alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan

b. SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telah disusun)

c. Alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan

d. Kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran e. Identifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus


26. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :

a. Standar Kompetensi

b. Kompetensi Dasar

c. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran

d. Kompetensi

e. Standar Kompetensi Lulusan


27. Kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester untuk mata pelajaran tertentu adalah :

a. Standar Kompetensi

b. Kompetensi Dasar

c. Standar Kompetensi Mata Pelajaran

d. Kompetensi

e. Standar Kompetensi Lulusan


28. Dalam mengembangkan penilaian hendaknya memperhatikan prinsip berikut ini, KECUALI ..

a. Memandang penilaian dan kegiatan pembelajaran secara terpadu, sehingga penilaian berjalan bersama dengan proses pembelajaran

b. Mengembangkan tugas penilaian yang bermakna, terkait langsung dengan kehidpan nyata

c. Mengembangkan berbagai strategi yg mendorong dan memperkuat penilaian sebagai cermin diri

d. Melakukan berbagai strategi penilaian di dalam program pembelelajaran untuk menyediakan berbagai jenis informasi tentang hasil belajar

e. Melakukan penilaian kelas secara acak terhadap SK dan KD


29. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle), membuat model (model building), mengevaluasi (evaluating) , merencanakan (planning), memperhitungkan / meramalkan kemungkinan (extrapolating), meramalkan (predicting), menduga / mengemukan pendapat / mengambil kesimpulan (inferring) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir

a. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)

b. Memproses (processing)

c. Menerapkan dan Mengevaluasi

d. Perilaku yang Kreatif

e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)


30. Dalam mengembangkan indikator hendaknya :

a. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi

b. Adanya keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;

c. Adanya keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.

d. Sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi

e. Memperhatikan rujukan, objek, dan/atau alat/bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran


31. Mengsintesisikan (synthesize), mengelompokkan (group), menjelaskan (explain), mengorganisasikan (organize), meneliti /melakukan eksperimen (experiment), membuat analog (make analogies), mengurutkan (sequence) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir....

a. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)

b. Memproses (processing)

c. Menerapkan dan Mengevaluasi

d. Perilaku yang Kreatif

e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)


32. Dalam menentukan materi pokok (lesson content) hendaknya mencakup sebagai berikut :

a. Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang harus dipelajari siswa dalam rangka menguasi standar kompetensi dan kompetensi dasar.

b. Berisi garis besar model, pendekatan, strategi, metode, atau teknik pembelajaran yang digunakan yang memungkinkan siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, termotivasi, menaruh minat, tertantang untuk menemukan sendiri pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan yang harus dikuasai.

c. Berisi bagaimana proses dan hasil belajar akan dievaluasi atau dinilai.

d. Berisi alokasi waktu yang diperlukan untuk mempelajari setiap standar kompetensi.

e. Berisi bahan rujukan (literature) dan sumber belajar lainnya.’


33. Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar hendaknya mempertimbangkan berikut ini, KECUALI

a. Potensi peserta didik;

b. Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik ;

c. Kebermanfaatan bagi pendidik/guru;

d. Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran;

e. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, khususnya dunia kerja;


34. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni

b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

c. Menyeluruh dan berkesinambungan

d. Beragam dan terpadu

e. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya


35. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni

b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

c. Menyeluruh dan berkesinambungan

d. Beragam dan terpadu

e. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya


36. Dalam menentukan tujuan khusus pembelajaran hendaknya memperhatikan berikut ini, KECUALI

a. Tujuan khusus pembelajaran (objective) yang relevan dengan standar kompetensi/kompetensi dasar.

b. Tujuan khusus pembelajaran berisikan perumusan tentang pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diharapkan dikuasai siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran( learner oriented).=

c. Tujuan khusus pembelajaran bisa menyangkut aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif.

d. Dalam merumuskan tujuan khusus pembelajaran perlu digunakan kata-kata yang operasional yaitu kata-kata yang teramati dan terukur (observable and measurable).

e. Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.


37. Merumuskan tujuan pembelajaran dilakukan..

a. Setelah menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun

b. Setelah mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.

c. Setelah menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan

d. Setelah merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.

e. Setelah menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan


38. Dalam menentukan rencana implementasi kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan hal berikut, KECUALI ...........

a. Tentukan model, pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran

yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.

b. Strategi yang dipilih hendaknya menantang, memotivasi, mendorong minat siswa untuk secara mandiri menemukan sendiri pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang harus dikuasai (student centeredlearning).

c. Beberapa pendekatan yang dapat dipergunakan antara lain pembelajaran kontekstual, konstruktivisme, pembelajaran pemecahan masalah, pembelajaran individual, pembelajaran kooperatif, metode proyek, penugasan, dsb.

d. Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.

e. Tentukan rencana kegiatan yang perlu dilakukan guru (menyiapkan, memotivasi dan menarik perhatian siswa, manyajikan materi pelajaran baik secara suksesif maupun simultan menggunakan berbagai media dan metode dengan menerapkan prinsip perulangan, menugasi, memberikan umpan balik, memberikan tes, dan menentukan tindak lanjut (remedial dan pengayaan).


39. Guru profesional dituntut memahami karakteristik peserta didiknya agar dapat mencapai hasil yang optimal. Hal ini merupakan implementasi dari:

a. Kompetensi Kepribadian

b. Kompetensi Profesinal

c. Kompetensi Pardagogik

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Akademik


40. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah .....

a. Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional.

b. Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa Inggris.

c. Melakukan kegiatan pre test

d. Melakukan post test.

e. Melakukan ulangan harian dadakan atau spontanitas.


41. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :

1. Hindari saran dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan semangat belajar siswa.

2. Ciptakan situasi kompetitif antar sesama siswa secara sehat.

3. Jatuhkan hukuman dan sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan siswa yang melanggar.

4. Berikan penghargaan yang tulus terhadap peringkat kelas.

Dari pernyataan tersebut di atas yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yang memiliki motivasi dan minat belajar rendah, adalah pernyataan :

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 1 dan 4

d. 2 dan 3

e. 3 dan 4


42. Pada setiap awal tahun pelajaran setiap guru membuat peta Kompetensi Dasar untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran.Dalam menentukan ketuntasan minimal setiap KD harus memperhatikan Intake Siswa. Pernyataan berikut yang BUKAN faktor utama untuk menentukan Intake siswa adalah .......

a. Data hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru.

b. Nilai rapor kelas sebelumnya.

c. Tes seleksi masuk atau hasil tes psikologis.

d. Nilai ujian Nasional bagi jenjang SMP.

e. Data pengelompokan sosial ekonomi orang tua


43. Pak Dedi menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya ternyata disebabkan cara belajar yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah....

a. Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk mendikusikan aspirasinya secara rasional.

b. Tunjukkan akibat atau dampak cara belajar yang salah terhadap prestasi belajar

c. Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas.

d. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar.

e. Ciptakan suasana yang kondusif sehingga tercipta kreatifitas siswa.


44. Perhatikan pernyataan berikut :

1. Faktor –faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa

2. Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan ) umum terbatas/rendah

3. Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang tertentu.

4. Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar.

Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa adalah pernyataan....

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4

e. 4 dan 2


45. Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat, maka sekolah dalam memfasilitasi pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut harus memiliki fungsi ....

a. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius.

b. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi

c. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis.

d. Prestasi, rekreatif –kreatif, edukatif, dan produktif.

e. Prestasi, pengembangan, edukatif, dan ekonomis.


46. Agar potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal, maka dalam kegiatan pengembangan diri dapat difasilitasi melalui Bimbingan Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler. Dalam KTSP kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling meliputi 4 hal ialah :

a. Layanan pribadi, sosial, belajar dan intelegensi.

b. Layanan pribadi, sosial, karir dan intelegensi.

c. Layanan pribadi, sosial, karir dan belajar

d. Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan belajar.

e. Layanan sosial, karir,intelegensi dan belajar.


47. Pembelajaran bermakna memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dari siswa untuk menghubungkan konsep baru dengan konsep relevan yang telah dimiliki sebelumnya. Usaha guru untuk mengetahui konsep awal yang dimiliki siswa adalah dengan . . .

a. siklus belajar

b. peta konsep

c. pembelajaran konsep

d. struktur kognitif

e. pemrosesan informasi


48. Manakah diantara pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan model konstruktivis dalam mengajar?

a. Menyiapkan benda-benda nyata untuk dimanfaatkan siswa belajar.

b. Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi.

c. Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri.

d. Memberi tugas siswa untuk menghafal konsep tertentu.

e. Menjelaskan suatu konsep secara detail.


49. Pembelajaran kontekstual dianggap pembalajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah . . .

a. membangkitkan minat siswa

b. merangsang siswa lebih aktif belajar

c. memberi kesempatan siswa berkreasi

d. membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan

e. menantang siswa untuk selalu belajar


50. Indikator (IPK) dalam RPP dikembangkan berdasarkan . . .

a. standar kompetensi.

c. materi pembelajaran.

d. metode pembelajaran.

e. kompetensi dasar

d. strategi pembelajaran.


51. Bagaimana pendapat saudara bila menjumpai seorang rekan guru di sekolah yang menggunakan televisi sekolah untuk pembelajaran bahasa?

a. Setuju karena dapat melatih siswa mengamati gerak bibir presenter.

b. Sangat setuju karena televisi adalah media pembelajaran yang menyenangkan.

c. Kurang setuju karena acara televisi sering tidak atau kurang mendidik.

d. Setuju dan tidak setuju bergantung pada kompetensi yang hendak dicapai dalam pembelajaran

e. Sangat tidak setuju karena dapat memecah perhatian siswa dalam mengikuti pembalajaran.


52. Pernyataan yang bukan termasuk alasan, KTI hasil penelitian tindakan kelas (PTK) makin banyak dipakai sebagai kegiatan pengembangan profesi guru, hal ini karena............

a. Para guru memahami bahwa salah satu tujuan kegiatan pengembangan profesi, adalah dilakukannya kegiatan nyata di kelasnya dan ditujukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajarannya.

b. Kegiatan PTK, harus dilaksanakan dengan menggunakan kaidah- kaidah ilmiah, karena hanya dengan cara itu, mereka akan dapat  mengembangan profesinya.

c. Kegiatan PTK dapat berupa pelaksanaan penelitian tindakan di dalam kelas yang diyakini makin layak untuk menjadi prioritas pada kegiatan pembelajaran, tindakan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan “menguji atau menerapkan” hal-hal baru” dalam praktik pembelajarannya.

d. Banyak inovasi baru dalam pembelajaran, terutama dalam praktik pembelajaran (misalnya penerapan teori konstruktivistik dalam upaya mendukung pelaksanaan Kurikulum) memerlukan verifikasi maupun penerapan dalam proses pembelajaran.

e. Bagi sebagian besar guru, melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) wajib dilakukan untuk persyaratan kenaikan pangkat.


53. Peraturan Pemerintah tentrang Guru terdapat dalam .......

a. Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2017

b. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2017

c. Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017

d. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017

e. Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2017


54. Pandangan belajar sebagai perubahan tingkah laku yang relatif permanen merupakan pandangan belajar yang dipergunakan oleh teori belajar

a. Behaviorisme

b. Dognitivisme

c. Cognitivisme

d. Konstruktivisme

e. Humanisme


55. Seorang guru merancang peralatan isi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep sebagai strategi untuk memudahkan belajar siswa keputusan guru tersebut menerapkan teori :

a. Behaviorsme

c. Cognitivisme

b. Dognitivisme

d. Konstruktivisme

e. Humanisme


56. Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu berdasarkan pengalaman sehari-hari. Pernyataan ini disampaikan oleh

a. Behavioris

b. Kognitivis

c. Kognitivis Behavior

d. Konstruktivisme

e. Humanisme


57. Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut ...

a. Standar Proses

b. Standar Kompetensi Lulusan

c. Standar Sarana dan Prasarana

d. Standar Pengelolaan

e. Standar Penilaian Pendidikan


58. Ujian Sekolah Bertsandar Nasional yang dilakan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, merupakan benuk penilaian yang dilakukan oleh...

a. Pendidik

b Satuan Pendidikan

c. Pemerintah

d. Masyarakat

e. Lembaga Penjamin Mutu


59. “Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Kalimattersebut adalah ...................

a. Fungsi dan tujuan pendidikan nasional

b. Sasaran pendidikan nasional

c. Fungsi pendidikan nasional

d. Arah kebijakan pembangunan nasional

c. Tujuan pendidikan nasional


60. Standar nasional pendidikan RI terdapat dalam ...................

a. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005

b. Peraturan Pemerintah RI Nomor 20 Tahun 2005

c. Peraturan Pemerintah RI Nomor 21 Tahun 2005

d. Permendiknas RI Nomor 32 Tahun 2005

e. Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007


61. Memahami peserta didik secara mendalam, merupakan kompetensi guru dalam bidang .....

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Professional

c. Kompetensi Manajerial

d. Kompetensi Kepribadian

e. Kompetensi Sosial


62. Seorang guru mampu Menguasai substansi keilmuan yang terkait bidang studi, merupakan kompetensi guru dalam bidang .....

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Professional

c. Kompetensi Supervisi

d. Kompetensi Kepribadian

e. Kompetensi Sosial


63. Seorang guru mampu merancang pembelajaran, memahami landasan pendidikan, merupakan kompetensi guru dalam bidang .....

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Professional

c. Kompetensi Manajerial

d. Kompetensi Kepribadian

e. Kompetensi Sosial


64. Seorang guru mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan sesama pendidik di sekolahnya, termasuk........

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Professional

c. Kompetensi Manajerial

d. Kompetensi Kepribadian

e. Kompetensi Sosial


65. Seorang guru mampu Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan, merupakan kompetensi guru dalam bidang .....

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Professional

c. Kompetensi Manajerial

d. Kompetensi Kepribadian

e. Kompetensi Sosial


66. Seorang guru mampu Memfasilitasi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi, merupakan kompetensi guru dalam bidang .....

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Professional

c. Kompetensi Kewirausahaan

d. Kompetensi Kepribadian

e. Kompetensi Sosial


67. Seorang guru mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan guru dan masyarakat, merupakan kompetensi guru dalam bidang .....

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Professional

c. Kompetensi Manajerial

d. Kompetensi Kepribadian

e. Kompetensi Sosial


68. Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empat yaitu .......

a. perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi

b. perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi

c. perencanaan, tindakan, refleksi, evaluasi

d. evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi

e. refleksi, perencanaan, tindakan, evaluasi


69. Seorang guru aktif dalam Pembinaan UKS dan Pembinaan Kepramukaan, ini berarti guru tersebut telah melaksanakan kompetensi .........

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Professional

c. Kompetensi Manajerial

d. Kompetensi Kepribadian

e. Kompetensi Sosial


70. Seorang guru gemar menulis Karya Tulis Ilmiah penelitian tindakan kelas (PTK), ini artinya guru tersebut telah melaksanakan dan mengembangkan kompetensi ....

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Professional

c. Kompetensi Manajerial

d. Kompetensi Kepribadian

e. Kompetensi Sosial


71. Pemahaman guru terhadap teori belajar sangat diperlukan agar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru memperhatikan aspek-aspek penting yang berkaitan dengan ciri dan karakteristik belajar. Ciri dan karakteristik belajar ini berimplikasi terhadap kesadaran guru dalam melihat siswa belajar. Beberapa ciri umum kegiatan belajar yaitu, pertama belajar menunjukan suatu aktivitas pada diri seseorang yang disadari atau disengaja, kedua belajar merupakan interaksi individu denganlingkungannya, dan ketiga....

a. hasil belajar ditandai dengan perubahan pengetahuan

b. hasil belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku

c. hasil belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku dan emosi

d. hasil belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku dan intelektual

e. hasil belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku dan sikap


72. Ada beberapa aliran psikologi yang memberikan pandanganya terhadap belajar, yaitu teori psikologi klasik, teori psikologi daya, teori mental state, teori psikologi behaviorisme dan teori psikologi gestalt. Ke-lima aliran psikologi tersebut berpengaruh terhadap pendidikan terutama terhadap belajar. Salah satu aliran psikologi yang banyak berpengaruh terhadap teori belajar yaitu aliran psikologi behaviorisme sehingga memunculkan teori belajar behaviorisme. Menurut teori belajar behaviorisme ....

a. siswa belajar karena adanya stimulus sehingga membentuk kebiasaan- kebiasaan

b. siswa belajar karena adanya respon sehingga membentuk kebiasaan- kebiasaan

c. siswa belajar karena adanya stimulus dan respon secara bersamaan

d. siswa belajar karena adanya kebiasaan-kebiasaan yang postif

e. siswa belajar karena adanya stimulus yang kemudian direspon sehingga membentuk kebiasaan-kebiasaan


73. Pada saat melaksanakan proses pembelajaran guru harus mempertimbangkan aspek perkembangan siswa. Salah satu aspek perkembangan siswa yang harus diperhatikan yaitu perkembangan motoriknya. Perlakuan guru dalam proses pembelajaran yang mempertimbangkan aspek motorik siswa adalah....

a. guru membagi kelompok siswa berdasarkan usia

b. guru membagi kelompok siswa berdasarkan jenis kelamin

c. guru membagi kelompok siswa berdasarkan kecerdasan

d. guru membagi kelompok siswa berdasarkan kemampuan kerja

e. guru membagi kelompok siswa berdasarkan undian


74. Dalam standar nasional pendidikan di atur tentang jumlah siswa dalam satu kelas sesuai dengan satuan pendidikan. Di SMP jumlah siswa dalam satu kelas berdasarkan standar nasional yaitu 32 orang. Pengaturan jumlah siswa ini berdasarkan pendekatan dalam proses pembelajaran yaitu pendekatan ...

a. kelompok dan klasikal

b. kelompok dan individual

c. individual

d. klasikal

e. moving class


75. Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Guru harus menggunakan metode pembelajaran dalam setiap kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran beraneka ragam. Agar metode yang digunkan tepat sasaran sehingga proses pembelajaran berhasil, maka beberapa factor harus menjadi pertimbangan guru dalam menggunakan metode tersebut. Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan oleh guru dalam menggunakan metode pembelajaran yaitu....

a. karakateristik siswa, materi pembelajaran, indikator

b. tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, indikator

c. karakteristik siswa, materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, indikator

d. tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, karakteristik siswa

e. kompetensi dasar, materi pembelajaran, sumber belajar


76. Seorang guru hendak mengajar di kelas yang mempunyai peserta didik sebanyak 38 siswa. Di dalam RPP guru merencanakan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model role playing. Untuk mendukung keterlaksanaannya kegiatan pembelajaran secara efektif, sesuai dengan yang direncanakan dan memperoleh hasil yang maksimal, maka yang harus dilakukan guru adalah ....

a. Pengaturan tempat duduk dibuat melingkar

b. Pengaturan tempat duduk dibuat setengah lingkaran

c. Pengaturan tempat duduk sebaris menghadap kedepan

d. Tempat duduk disingkirkan sementara

e. Siswa di bawa ke luar kelas


77. Guru tidak cukup berbekal buku teks ke dalam kelas. Guru perlu selalu menyiapkan bahan pelajaran (media) yang akan diamati siswa sebelum melakukan aktivitas belajar. Sehingga pembelajaran menjadi kontekstual. Guru tidak memulai dengan memberi tahu siswa (menahan diri untuk memberitahu) tapi mengajak siswa mencari tahu, Guru dan buku teks bukan satu-satunya sumber belajar. Kelas bukan satu-satunya tempat belajar. Pernyataan ini merupakan ciri pembelajaran scientific dalam proses .......

a. Menanya

b. Mengumpulkan informasi

c. Mengobservasi

d. Mengasosiasi

e. Mengkomunikasikan

78. Saat kegiatan pembelajaran berlangsung kebanyakan siswa mengeluh karena mereka tidak dapat menerima penjelasan guru dengan baik, hal tersebut disebabkan karena guru tidak memberikan catatan di papan tulis maupun memanfaatkan media dan alat peraga sesuai dengan materi yamg diberikan. Hampir semua siswa mengeluhkan hal yang sama. Berdasarkan situasi di atas jika guru akan menilai konsep yang memiliki cakupan luas dan aspek penilaian yang harus diperhatikan sesuai dengan karakteristik siswa, maka kecenderungan yang dimiliki siswa adalah . . . .

a. Auditif

b. Tektif

c. Visual

d. Gustative

e. Gesture


79. Dalam membuat perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk menumbuhkan motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar. Prinsip yang mendasari ketentuan di atas adalah . . . .

a. Memperhatikan perbedaan individu siswa

b. Mendorong partisipasi aktif siswa

c. Mengembangkan budaya membaca

d. Memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan

e. Mengembangkan pendidikan karakter.


80. Pernyataan berikut yang merupakan prinsip konstruktivisme dalam pembelajaran kontektual adalah 

a. Proses pengembangan atau mengembangkan pengetahuan baru dalam struktur kognitif siswa berdasarkan pengalaman,

b. Proses pembelajaran didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berfikir sistematis,

c. Proses belajar sebagai contoh untuk menunjukan sesuatu yang dapat ditiru oleh setiap siswa,

d. Proses penyelesaian pengalaman yang telah dipelajari dilakukan dengan menyortir peristiwa atau kejadian yang telah dipelajari.

e. Proses pengalaman baru dilakukan dengan serangkain tugas yang diberikan secara terstruktur.