Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik , LOGO dan desain grafis lainya
Email : mastertracer69@gmail.com

Macam-Macam Fungsi Rumus Excel Lengkap yang Wajib Diketahui

Macam-Macam-Fungsi-Rumus-Excel-Lengkap-yang-Wajib-Diketahui
Macam-Macam Fungsi Rumus Excel Lengkap yang Wajib Diketahui Macam-Macam-Fungsi-Rumus-Excel-Lengkap-yang-Wajib-Diketahui

Microsoft Excel atau Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS

Dalam aplikasi Microsoft Office Excel, terdapat beberapa rumus excel yang akan membantu Anda membuat berbagai macam perhitungan, dan menjadikan proses menghitung jauh lebih cepat selesai.
karena dengan Rumus Excel dapat mempermudah pengerjaan beberapa bidang pengerjaan tertentu. 

Berikut ini adalah beberapa macam fungsi rumus excel pada bidang yang dimaksud :.

Fungsi Rumus Excel 

RUMUS                      KETERANGAN
SUM                      Menjumlahkan
AVERAGE            Mencari Nilai Rata-Rata
AND                      Mencari Nilai dengan Perbandingan Dan
NOT                      Mencari Nilai Dengan Pengecualian
OR                        Mencari Nilai dengan Perbandingan Atau
SINGLE IF           Mencari Nilai Jika Kondisi BENAR/SALAH
MULTI IF             Mencari Nilai Jika Kondisi BENAR/SALAH Dengan Banyak Perbandingan
AREAS                Menampilkan Jumlah Area (range atau sel)
CHOOSE             Menampilkan Hasil Pilihan Berdasarkan Nomor Indeks
HLOOKUP          Mencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar
VLOOKUP          Mencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak
MATCH               Menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan
COUNTIF            Menghitung Jumlah Cell dalam Suatu Range dengan kriteria tertentu
COUNTA             Menghitung Jumlah Cell Yang Terisi
DAY                     Mencari Nilai Hari
MONTH               Mencari Nilai Bulan
YEAR                   Mencari Nilai Tahun
DATE                   Mendapatkan Nilai Tanggal
LOWER               Merubah Huruf Teks Menjadi Huruf Kecil
UPPER                 Merubah Huruf Teks Menjadi Huruf Besar
PROPER               Merubah Karakter Awal Teks Menjadi Huruf Besar

Berikut Penjelasan rumus fungsi excel secara lengkap.

1. SUM
Rumus SUM ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan, rumus SUM ini juga sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.

Pertama, buatlah tabel penjumlahan dan masukkan rumus SUM 
Kedua, jika sudah dimasukkan rumus SUM tersebut kemudian tekan enter dan akan mengetahui jumlahnya.

2. AVERAGE
Rumus AVERAGE ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari nilai rata – rata suatu variabel.

Pertama, buatlah suatu tabel untuk nilai – nilai siswa dan setelah itu masukkan rumus AVERAGE untuk mengetahui nilai rata – rata siswa. 
Kedua, jika sudah dimasukkan rumus AVERAGE tersebut kemudian tekan enter dan akan mengetahui hasilnya.

3. AND
Rumus AND ini terdapat fungsi yang utama adalah Menghasilkan nilai TRUE jika semua argumen yang di uji tersebut bernilai BENAR dan FALSE jika semua atau salah satu argumen bernilai SALAH.

Pertama, buatlah tabel dan masukkan rumus AND untuk mengetahui TRUE atau FALSE
Kedua, jika rumus AND tersebut sudah dimasukkan kemudian tekan enter dan akan diketahui hasilnya TRUE atau FALSE.

4. NOT
Rumus NOT ini terdapat fungsi yang utama adalah kebalikan dari rumus AND yaitu menghasilkan TRUE jika kondisi yang diuji SALAH dan FALSE jika yang diuji BENAR.

Pertama, buatlah tabel dan masukkan rumus NOT untuk mengetahui hasilnya. 
Kedua, jika rumus NOT tersebut sudah dimasukkan kemudian tekan enter dan akan diketahui hasilnya.

5. OR
Fungsi akan Menghasilkan TRUE jika beberapa argumen bernilai BENAR dan FALSE jika semua argumen SALAH

6. SINGLE IF
Rumus IF Excel akan mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang dicek BENAR/SALAH dan mengembalikan sebuah nilai lainnya jika kondisi yang dicek SALAH/FALSE. Fungsi IF adalah salah satu rumus excel yang paling sering digunakan.

7. MULTI IF
Fungsi hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi atau bisa ditumpuk beberapa perintah.

8. AREAS
Fungsinya adalah Menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu referensi (alamat sel atau range yang di sebutkan).

9. CHOOSE
Fungsi CHOOSE adalah Menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks atau urutan pada suatu referensi (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama range.

10. HLOOKUP
Fungsi HLOOKUP Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar. syaratnya penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik.

11. VLOOKUP
Fungsi Rumus VLOOKUP ialah menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. syaratnya penyusunan tabel data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4… atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetik secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. 

12. MATCH
Fungsi MATCH adalah menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data. Contoh kasusnya sebagai berikut :

13. COUNTIF
Fungsinya COUNTIF adalah untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. Adapun rumus yang biasa digunakan adalah =COUNTIF(range;kriteria).

14. COUNTA
Fungsi COUNTA adalah untuk jumlah cell yang terisi, Misal dalam sebuah table terdapat 12 kolom dan kita ingin mengetahui berapa kolom atau cell yang sudah terisi. 

15. Rumus DAY
Fungsi DAY adalah digunakan untuk mencari hari (dalam angka 1-31) dari data type DATE. Contohnya fungsi DAY (kolom B). data type DATE dikolom A diekstrak menghasilkan angka 1-31 

16. Rumus MONTH
Fungsi MONTH adalah digunakan untuk mencari bulan (dalam angka 1-12) dari data type DATE. Contohnya penggunaan fungsi MONTH (kolom C) data type DATE kolom A diekstrak menghasilkan angka 1-12 

17. Rumus YEAR
Fungsi YEAR adalah digunakan untuk mencari tahun (dalam angka 1900-9999) dari data type DATE. Contohnya fungsi YEAR (kolom D) data type DATE dikolom A diekstrak menghasilkan angka 1900-9999 

18. Rumus DATE
Fungsi DATE adalah digunakan untuk mendapatkan type data DATE dengan memasukan angka tahun, bulan dan hari. Fungsi DATE kebalikan dari fungsi DAY, MONTH, dan YEAR yang melakukan ekstraksi bulan dan tahun dari data type DATE.

19. Rumus LOWER
Fungsi LOWER adalah digunakan untuk mengubah semuah text yang berisikan huruf besar menjadi huruf kecil semuah.

20. Rumus UPPER
Fungsi UPPER adalah digunakan untuk mengubah semuah text yang berisikan hufuf kecil menjadi huruf besar semuah kebalikan dari fungsi LOWER.

21. Rumus PROPER

Demikianlah Macam-Macam Fungsi Rumus Excel Lengkap yang Wajib Diketahui, Semoga bermanfaat