Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik , LOGO dan desain grafis lainya
Email : mastertracer69@gmail.com

Cara Mengobati Dan Mengatasi Batuk Pilek Pada Anak Kecil Balita

cara-mencegah-dan-mengatasi-batuk-pilek-pada-anak-kecil-balita
Cara Mengobati Dan Mengatasi Batuk Pilek Pada Anak Kecil Balita - Melihat si kecil sakit batu dan pilek tentu para orang tua merasa cemas , apalagi di sertai tangisan anak rewel rasanya pasti khawatir dan gelisah . Jika terjadi demikian para orang tua jangan panik , mulailah dengan mengecek dulu apakah penyakit tersebut disebabkan bakteri atau virus. Bila pemicunya adalah virus, tidak dibutuhkan antibiotika. Antibiotika baru dibutuhkan jika penyebab batuk pilek anak balita ( bayi ) adalah bakteri. Dalam menentukan obat batuk pilek anak yang tepat bagi anak balita ( bayi ) si kecil tentunya ada beberapa cara untuk memilih obat batuk pilek:

- Pilihlah obat batuk pilek sirup yang kandungan dan fungsinya lengkap

- Pilih obat batuk yang enak setelah diminum

- Harga terjangkau.

Ada beberapa hal istilah yang perlu diketahui saat membaca label obat si kecil tentang manfaat dan kegunaan zat yang terkandung dalam obat batuk pilek anak:

- Ekspektoran : berfungsi untuk mengeluarkan dahak.

- Parasetamol : berfungsi untuk menurunkan panas, demam, meredakan pusing, dan badan pegal- pegal karena pilek.


- Dekongestan : berfungsi untuk melegakan saluran pernapasan, mengurangi sesak napas, dan bersin-bersin.

- Antihistamin : berfungsi untuk mengurangi gejala hidung tersumbat atau pilek.

Namun perlu sobat tipstriksib ketahui mencegah lebih baik daripada mengobati, begitu pula pada kondisi tubuh anak . Kadang kondisi stabil dengan stamina tubuh yang sehat namun kadang kondisi anak stamina tubuhnya lemah sehingga mudah terserang berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam upaya untuk mencegah dan mengatasi batuk pilek pada anak kecil balita

1. Gunakan Tisu

Minta penderita untuk selalu menutup hidung dan mulutnya saat bersin, batuk, atau berbicara. Setelah itu buanglah tisu yang sudah tercemar kuman baktgeri dan virus ke dalam tempat sampah .

2. Jauhkan dari penderita batuk pilek.

Jangan biarkan anak bersama penderita untuk waktu yang lama dan saling berdekatan secara intens.

3 Cuci tangan hingga bersih.

Selalu mencuci tangan sehabis beraktifitas terutama bermain , karena sekitar 80% penyakit menular akan ditularkan melalui tangan / sentuhan tangan. Tentunya mencuci tangan dengan air hangat dan sabun yang diikuti dengan membilas dan mengeringankannya hingga benar benar kering karena sangat ampuh untuk membasmi kuman berbahaya.

4. Jangan berbagi peranti .

Pisahkan gelas atau peranti makan penderita dari anggota keluarga yang lain. Bila perlu beri nama pada gelas agar tidak tertukar dengan gelas lain.

5.Bersihkan rumah.

Begitu ada yang batuk pilek, pastikan permukaan dapur dan kamar mandi bersih. Jangan lupa, bersihkan mainan anak secara teratur. Bukan tak mungkin , semua ini merupakan sumber penularan yang potensial.

6.Gunakan masker.

Anak-anak sebaiknya mulai diajarkan menggunakan masker, agar tidak menulari dan batuk pilek bertambah parah. Gunakan masker yang lembut di kulit dan memiliki ukuran untuk anak-anak.

Demikian beberapa tips dan trik cara mencegah dan mengatasi batuk pilek pada anak kecil balita, semoga menjadi perhatian bagi para orang tua.

Efek Bahaya Kekurangan Tidur Akibat Sering Begadang Malam
Khasiat Dan Manfaat Tomat Untuk Kesehatan