Ingin dapat pasif income dan uang halal sambil facebookan, instagram , twitter - income syariah

metode cara mudah dan cepat menghafal al qur'an 30 juz

metode-cara-mudah-dan-cepat-menghafal-al-qur-an-30-juz
metode cara mudah dan cepat menghafal al qur'an 30 juzmetode-cara-mudah-dan-cepat-menghafal-al-quran-30-juz

Al-qur'an merupakan firman Allah SWT yang diturunkan kepada manusia melalui Hambanya Nabi besar Muhammad SAW agar bisa dijadikan pedoman tuntunan hidup manusia supaya tidak tersesat oleh syetan iblis yang mengoda manusia dalam menjalani dan mengarungi kehidupan sebagai khalifah Allah di bumi. 


Di zaman Rasulullah SAW banyak hafidz, dari  kalangan para sahabat Khulafaur Rasyidin, Tabi’in, dan Tabi’t Tabi’in,  yang bisa menghafal 30 juz seluruh Al-qur'an dalam tempo sangat singkat dan cepat sehingga dalam usia belia sudah ada yang menjadi seorang hafidz dan hafidzah , subhanallah,,

Kita sebagai generasi akhir zaman dari umat Nabi Muhammad SAW tentunya mempunyai keinginan untuk bisa mentauladani orang-orang soleh penghafal quran dan mencontoh para pendahulu kita yang bisa menghafal al-qur'an 30 juz dengan mudah dan cepat. 


Sebagai pendorong bagi kita yang mau menghafal quran dan terlebih untuk anak-anak kita yang masih kuat daya ingatnya , tipstriksib berikan beberapa keutamaan manfaat dan hikmah bagi orang yang bisa  menghafal al quran 30 juz.

Berikut keutamaan manfaat dan hikmah bagi penghafal al qur'an / hafidz 

1. Allah akan memberikan kepada hafidz di akherat; mahkota kehormatan. Sesuai dengan yang terdapat di dalah sebuah hadits, dari Abu Hurairah ra, ia berkata, “Baginda bersabda, orang yang hafal Alquran kelak akan datang dan Alquran akan berkata: 

“Wahai Tuhan, pakaikanlah dia dengan pakaian yang baik lagi baru.”Maka orang tersebut diberi mahkota kehormatan. Alquran berkata lagi: “Wahai Tuhan tambahkanlah pakaiannya.” Kemudian orang itu diberi pakaian kehormatannya. Alquran berkata lagi: “Wahai Tuhan, ridhailah dia.” Maka kepadanya dikatakan, “Baca dan naiklah.” Dan untuk setiap ayat, ia diberi tambahan satu kebajikan.” (HR. At Tirmidzi).


2. Akan dikumpulan bersama malaikat yang mulia lagi taat. “Dan perumpamaan orang yang membaca Quran sedangkan ia hafal ayat-ayatNya bersama para malaikat yang mulia dan taat.” (Muttafaqun ‘alaih).


3. Para hafidz pun akan ditinggikan derajatnya saat berada disurga. Betapa baiknya manfaat Al- Qur'an untuk para penghafalnya. Sesuai dengan sebuah hadits yang bunyinya, dari Abdillah bin Amri bin ‘Ash dari nabi Saw. 

Beliau bersabda, “Akan dikatakan kepada shahib quran, “Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau mentartilkan Al Quran di dunia sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.” (HR Abu Daud dan At-Tirmidzi).

4. Para hafidz quran akan mendapatkan pertolongan (syafaat), hadits-nya, dari Abi Umamah ra, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW berkata, “Bacalah Quran, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafal).” (HR. Muslim).


5. Orangtua para penghafal alquran pun akan mendapatkan pertolongan. Dalam hadits disebutkan, dari Buraidah Al Aslami ra, ia berkata bahwa ia mendengar 

Rasulullah Saw. bersabda “Siapa yang membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini? 

Dijawab “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Alquran”. (HR. Al Hakim).


6. Menghafal Alquran berfaedah bagi setiap penghafal dalam urusan perniagaan mereka. 

Dalam Alquran dijelaskan, “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. 

Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.


Setelah mengetahui betapa mulianya seorang penghafal qur'an dihadapan Allah SWT. Lantas bagaimana metode dan cara cepat cepat menghafal al qur'an 30 juz, tentunya langkah-langkah dalam proses menghafal quran ini merupakan metode yang cukup efektif dalam rangka menghafal al quran 30 juz.

Berikut adalah metode cara mudah dan cepat menghafal al qur'an 30 juz;


1- Bersihkan niat cepat menghafal al qur'an 30 juz untuk ibadah kepada Allah SWT


Ini adalah poin penting yang terbaik bahwa seseorang harus selalu memperhatikan, melakukannya dengan tulus demi Allah. Berharap untuk rahmat-Nya, memperoleh kesenangan-Nya dan mencapai Jannah (surga). 

Tidak demi ujian, teman, keluarga atau memamerkan (riya’) wal iyyahu min zalik, kami mencari perlindungan dari Allah dari itu.

“Allah hanya menerima tindakan yang dimaksudkan murni untuk kesenangan-Nya.” (H.R. An-Nasa’i) Semoga Allah menjaga niat kami murni bagi-Nya.



2- Jangan menunda waktu 

Tidak, tidak menunda-nunda. Niat Anda tidak akan sekuat sekarang dalam sebulan mendatang. Luangkan waktu untuk diri sendiri. Jangan membuat alasan untuk diri sendiri. 

Aku tahu beberapa orang yang memiliki niat, tetapi tidak memiliki motivasi.

Bagi saya, di situlah letak sumber motivasi: memikirkan manfaat – Anda akan dapatkan begitu banyak – imbalan untuk membaca setiap Huruf (huruf), indahnya ayat-ayat yang indah dan kisah-kisah yang akan Anda temukan (!!!). 

Ambil Qur’an setelah Anda shalat. Insyaa Allah Anda akan mendapatkan momentum sejak saat itu.



3- Gunakan mushaf yang sama.

Saya telah menggunakan mushaf yang sama (buku; Qur’an) sejak usia 14 tahun. Ini adalah saran yang biasanya diberikan asatizah saya (guru). 

Alasannya adalah, ketika Anda menggunakan mushaf yang sama, mata Anda terbiasa dengan cara itu ditulis dalam buku, warna, dekorasi dll, sehingga membuat pikiran mejadi terbiasa untuk itu, insyaa Allah.



4- Mendengarkan bacaan Al-Qur’an.

Ini mungkin sulit, tapi mungkin Allah membuatnya mudah bagi Anda; lepaskan lagu Anda, musik, pop, rock. Dua hal berlawanan tidak dapat hidup berdampingan satu sama lain. 

Tentu saja, ada pendapat yang berbeda tentang hal ini. Tapi apakah Anda lebih suka mendengarkan musik daripada mendengarkan pembacaan Al-Qur’an yang dikatakan untuk menenangkan dan menentramkan hati seseorang? (Q.S. 13:28)



Saya akan mendengarkan pembacaan Al-Qur’an yang sedangsaya hafal atau surat berikutnya, mengulanginya saat melakukan kegiatan-kegiatan saya. 

Kata-katanya akan memasuki pikiran bawah sadar Anda. Anda akan menemukan menghafal surah (bab) insyaa Allah lebih mudah. Saya juga akan membuka mushaf dan mendengarkan pembacaan surah Al-Qur’an akan membuat Anda terbiasa dengan halaman – kemudian mulai menghafal.


5- Pengulangan dan pembagian halaman sebagai dasar untuk menghafal.

Baca seluruh halaman beberapa kali, Anda dapat memilih untuk membagi halaman menjadi tiga atau dua bagian. 

Hal ini tergantung pada bagaimana mudahnya dan praktisnya Anda menemukan halamannya. 

Hafalkan bagian pertama sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya.

Hindari melanjutkan ke bagian berikutnya sebelum yang pertama. Pastikan bahwa Anda mendapatkan bagian pertama yang tersimpan dalam memori Anda, kuat dan utuh.


6- Memahami adalah kunci untuk menghafal.

Ini memberikan Anda kesenangan dari memahami apa yang Dia sampaikan. Demi Allah, saya menemukan Al-Qur’an sangat indah, bahkan dapat membawa Anda ke titik terendah dan membuka Anda untuk perubahan terbesar.

Fokus pada apa yang Anda baca untuk memahami ayat. Tidak berpikir tentang hal-hal lain sambil berulang kali membacanya.



7- Mulailah dengan perlahan.

Jika Anda mengambil langkah-langkah kecil satu per satu, insyaa Allah Anda akan menemukan keistiqomahan lebih mudah.


8- Jangan menyerah.

Tidak berarti itu tampaknya sulit untuk Anda sekarang, itu akan tetap sulit besok, berdoalah sebelum mulai hifz Anda (menghafal). 

Ingat bahwa di mana Anda berada sekarang (dalam menghafal), merupakan langkah lebih dekat untuk menyelesaikan Qur’an, jangan berhenti. 

Teruslah bergerak. (Ini berlaku untuk segala sesuatu yang lain juga dalam apa pun yang Anda kejar / lakukan insyaa Allah).



9- Memiliki teman yang ingin menghafal Al-Qur’an juga.


Ini membantu untuk menjaga motivsai satu sama lain, dengan cara berbagi berapa banyak yang Anda telah hafal dan revisi.


10- Membuat rencana.

Jadi pada dasarnya, saya telah menghafal 4-6 halaman dalam sehari. Menghafal 1 halaman butuh waktu sekitar 30 menit +/-. Hal ini tergantung pada kesulitan halaman. 

Beberapa halaman, Allah membuatnya mudah bagi saya alhamdulillah. Jadi butuh sekitar 20 menit untuk menghafalnya.

Ada cukup banyak halaman yang memiliki ayat-ayat yang saya telah pelajari / hafal di sekolah dan itu lebih memudahkan saya, seperti mata pelajaran seperti fiqh (hukum Islam), aqidah (keyakinan Islam) dan sebagainya. Sedangkan halaman yang sulit membutuhkan sekitar 45 menit.


11- Gunakan Waktu terbaik dalam menghafal al quran,

menghafal Al-Qur’an adalah setelah shalat Subuh atau fajar ketika pikiran segar. Di waktu fajar, segala sesuatu terasa lebih mudah untuk memasuki pikiran Anda. 


Ketenangan fajar. Ustadz-ustadz saya (semoga Allah memberi mereka kebaikan) terus menyarankan kita untuk menjadi produktif di pagi hari, seperti yang digambarkan oleh Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam dalam hadits 

“Ya Allah, berkatilah umatku di pagi hari.” (H.R. Abu Dawud, al- Tirmidzi dan Ibnu Majah)


Setelah waktu shalat selalu menjadi saat terbaik untuk melakukan hifz Anda (menghafal). Periode antara Maghrib dan Isya juga bagus, isilah waktu dengan menghafal.

Demikian metode cara mudah dan cepat menghafal al qur'an 30 juz, semoga bermanfaat.


related post




4 Responses to "metode cara mudah dan cepat menghafal al qur'an 30 juz"

  1. Great post!

    Useful information worthy of thanks ,


    http://ixgram.com



    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks, semoga artikel metode cara cepat menghafal al quran 30 juz, bermanfaat, mudah-mudahan al quran bisa dijadikan hafalan keseharian kita,

      Delete
  2. Mantap banget idenya, semoga dengan adanya metode cara cepat ngafal al-quran 30 juz sangat bermanfaat sekali bagi saya, mudah2an dengan ngafal quran ini bisa di jadikan saya semangat dan bisa di ambil hikmahnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah share komentarnya,
      dengan menghafal alquran 30 juz tentunya bisa memotivasi kita dalam menjalini kehidupan sesuai tuntunan rasulullah SAW dan Allah SWT

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.

loading...