Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik , LOGO dan desain grafis lainya
Email : mastertracer69@gmail.com

CARA AGAR BISA BANGUN PAGI DAN TIDUR NYENYAK BERKUALITAS

cara-agar-bisa-bangun-pagi-dan-tidur-nyenyak-berkualitas
Bangun pagi merupakan aktivitas yang malas dan berat bagi sebagian orang karena mungkin begadang pada malam harinya akibatnya tidur tidak nyenyak berkualitas atau faktor kelelahan akibat terlalu capek beraktivitas seharian di siang hari ,
atau faktor pekerjaan berat yang dilakukan sehingga dikala menjelang waktu pagi hari saat udara sedang dalam keadaan dingin membuat kantuk semakin berat dan dan malas untuk melakukan bangun pagi

Terlepas dari semua itu beruntunglah bagi orang yang memiliki kebiasaan untuk bangun di pagi hari karena bangun pagi memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita baik dari segi kesehatan dan segi psikologisnya. Orang yang memiliki kebiasaan untuk bangun pagi lebih awal memiliki dua keuntungan yaitu badan terlihat lebih segar sehat dan kuat , keuntungan lainnya kesuksesan akan cepat dicapai mengingat dengan lebih awal bangun pagi semua pekerjaan dapat diatur dan diselesaikan lebih cepat dengan mudah tanpa harus tergesa-gesa.

Orang yang terbiasa bangun pagi selalu memiliki semangat lebih tinggi untuk melakukan aktivitas ketimbang yang terbiasa bangun siang Bagaimana cara agar kita bisa bangun pagi lebih awal ?

Berikut ini beberapa tips agar bisa bangun pagi lebih awal dan mendapatkan tidur cukup serta berkualitas ( nyenyak )

1. Seimbangkan kebutuhan pribadi, keluarga dan kerja.

Berani katakan tidak untuk ajakan berkegiatan satu jam sebelum waktu tidur. Hal itu agar Anda punya cukup waktu untuk menenangkan diri sebelum mata terpejam. Berangkat tidur dengan pikiran berat akan mengganggu kenyenyakan tidur.

2. Jadwal tidur tetap.

Jika Anda perlu mengubah jadwal, majukan jadwal tidur 15 menit lebih awal tiap satu hari. Perubahan jadwal yang terlalu drastis biasanya sulit dilakukan dan dipertahankan.

3.Praktikkan rutinitas sebelum tidur.

Misalnya, minum teh herba, atau membaca buku 20 menit sebelum masuk kamar. Rutinitas akan membantu otak untuk tahu bahwa ketika satu kegiatan dilakukan, artinya waktu tidur sudah dekat.

4. Hindari lapar atau kenyang.

Para ahli percaya bahwa tidur dalam kondisi lapar atau terlalu kenyang dapat mengganggu tidur. Begitupun dengan minum. Terlalu banyak minum dapat membuat Anda harus terjaga tengah malam karena harus berkemih. Hindari alkohol karena membuat kepala pening, dan kopi karena kafeinnya mampu membuat Anda terjaga lebih lama.

5. Bayar utang tidur.

Jika Anda punya utang tidur yang harus dibayar, cicillah dengan tidur siang ketimbang harus merusak jadwal tidur malam. Namun jangan sampai tidur siang berlebihan agar tidak sulit tidur ketika malam.

6. Matikan televisi dan semua sumber cahaya.

Cahaya yang masuk ke mata dapat menghambat produksi hormon melatonin yang dibutuhkan untuk menimbulkan rasa kantuk. "Cahaya biru (blue light) yang dipancarkan alat elektronik, seperti laptop, TV atau ponsel, mampu mencegah kelenjar pineal memproduksi hormon melatonin. “Itu sebabnya, kita dianjurkan mematikan lampu, TV, komputer dan berhenti bermain ponsel sebelum tidur," kata Steven Lockley, peneliti dari Harvard Medical School.

7. Aktivitas ringan.

Bingung harus melakukan apa sebelum tidur karena tidak boleh menonton TV dan memainkan ponsel? Lakukan kegiatan ringan, seperti menyiapkan sarapan untuk besok, atau baca buku bertema ringan.

8. Siapkan kamar yang nyaman.

Jaga tetap rapi dan bersih, atur suhu kamar senyaman mungkin, pasang aromaterapi atau musik lembut, matikan lampu besar ganti dengan lampu kecil,

jika Anda masih perlu berkegiatan santai sebelum benar-benar terpejam.

Demikian tips cara agar dapat bangun pagi , dengan tidur cukup dan berkualitas ( nyenyak ) sangat penting untuk kesehatan. Semoga Anda bisa tidur nyenyak malam ini, dan bangun pagi dengan semangat