Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik , LOGO dan desain grafis lainya
Email : mastertracer69@gmail.com

Tips Berkendaraan : Cara Menghadapi Jalan Rusak Dan Berlubang

tips-berkendaraan-cara-menghadapi-jalan-rusak-dan-berlubang
Tips Berkendaraan : Cara Menghadapi Jalan Rusak Dan Berlubang - Setiap pengendara tentunya harus mengenal medan jalan yang akan dilalui yang terkadang ada jalan utama yang rusak dan berlubang. Jadi setiap pengendara harus waspada dan mengurangi kecepatan jika melihat jalan berlubang karena bisa menyebabkan terjadi kecelakaan Yang disebut jalan rusak berlubang adalah jalan berlubang besar dan dalam yang bisa membuat kendaraan menjadi tidak seimbang dan jatuh. Setiap kali musim hujan, kerap muncul banyak lubang di jalan. Perjalanan Anda pun menjadi terganggu dan paling parah bisa membahayakan jiwa penumpang dan pemakai jalan lainnya. Bagaimana cara menghadapi jalan rusak dan berlubang ?

Sebenarnya trik menghadapi jalan berlubang pada dasarnya sama saja. Jika mengendarai dalam kecepatan tinggi jangan mengerem mendadak. Lakukanlah pengereman secara bertahap untuk menghindari slip. Selain itu jangan pernah menghindar jalan berlubang dalam kecepatan tinggi. Sebab akan bisa mengenai kendaraan lainnya dan menimbulkan kecelakaan yang melibatkan pengendara lain. Upayakan menghindari jalan berlubang saat berkendara dalam kecepatan rendah. Jalan berlubang akan semakin parah kondisinya setiap musim hujan. Kedalaman lubang pun beragam. Ada yang masih tahap wajar atau bisa di lalui, ada juga yang berbahaya karena bisa merusak mobil, atau membuat mobil tak terkendali. 

Tentu hal ini bisa membahayakan pengemudi,pengguna jalan lain, maupun pejalan kaki. Tidak hanya di jalan biasa bahkan di jalan protokol yang sering dilalui pejabat negara pun umum ditemui ‘musuh’ untuk para pengemudi ini. Menghadapinya pun bukan perkara mudah . Salah langkah, bisa berbuntut celaka.

Ada beberapa cara mulai dari pencegahan hingga cara menghindari yang tepat agar mobil tidak rusak dan pemakai jalan lain tidak celaka. Apa saja yang bisa ditempuh?

1. Konsentrasi penuh 
Mengemudi adalah full time job.meski begitu masih banyak pengemudi yang justru asyik bermain gadget,menerima telepon maupun membalas pesan singkat.atau hal kecil seperti mengoperasikan sistem audio di dasbor atau mengobrol dengan penumpang lain juga bisa memecahkan konsentrasi.
Nah, agar mobil anda tidak melindas lubang,konsentrasikan khususnya mata ke jalan.Lengah sedikit, tiba-tiba lubang jalan sudah di depan mobil.Halitu membuka peluang ban mobil terjeblos ke lubang.
Dengan menjaga konsentrasi juga membuat anda memantau kondisi dan siap untuk melakukan manuver atau mengerm untuk menghindari lubang.

2. Kenali rute 
Bagi Anda yang sering mengendarai mobil untuk beraktivitas sehari-hari,perhatikan kondisi jalan yang biasa dilalui. Bila setiap hari melewati jalan yang sama,tentu akan ingat patokan mana jalan yang lubang dan mana yang rata.Ini menjadi langkah preventif agar tidak terulang usai mobil anda pernah melindas lubang yang sama. Jika ada perubahan kondisi permukaan jalan pun, anda bisa mengenalinya. Jika Anda pertama kali melalui jalan tersebut, hindari melaju cepat dan upayakan bisa melihat jauh ke depan.Selain itu, Anda bisa memanfaatkan informasi dari media sosial. Saat ini informasi seputar jalan rusak mudah ditemukan melaui mesin pencari di media sosial dengan kata kunci ‘jalan berlubang’ atau ‘jalan rusak’.Namun perlu diingat, lakukan hal itu sebelum berkendara.

3. Jaga jarak 
Ketika mengemudi di lalu lintas dalam kota dengan laju sangat bervaiasi, menjaga jarak aman dengan mobil di depan jadi penting.Hal ini, selain untuk menghindari tabrakan karena mobil depan rem mendadak,juga untuk mencegah melindas lubang yang tertutup bodi mobil di depan. Upayakan Anda selalu punya ruang untuk menghindar.Karena terkadang posisi mobil Anda tidak sama dengan mobil di depan.

4. Manuver mendadak 
Membanting setir memang bisa menjadi opsi untuk menghindari lubang jalan. Tapi bukan berarti dalam kecepatan relatif tinggi Anda bisa langsung melakukan hal itu.Ini bisa menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya karena kendaraan di sekitar anda tidak siap dengan manuver anda yang berpindah lajur mendadak. Sebaiknya bila ingin menghindari dengan bermanuver,kurangi kecepatan terlebih dahulu . Sehingga kendaraan di sekitar tidak kaget. Cara ini dapat dilakukan bila pengemudi secara berkala memantau spion tengah dan smaping,Sehingga tahu ke mana ia akan mengarahkan mobilnya. Di lain sisi, melindas lubang terlau cepat dan dengan sudut yang tidak tepat,karena upaya manuver,bisa menyebakan ban kempis atau pecah.