Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik , LOGO dan desain grafis lainya
Email : mastertracer69@gmail.com

Tempat Wisata Bukittinggi Padang Sumatera Barat

tempat-wisata-terbaik-bukittinggi-padang-sumatera-baratWisata Bukittinggi Padang Sumatera Barat - Bukittinggi merupakan salah satu bandar terbesar di provinsi Sumatera Barat yang terletak di kawasan tanah pergunungan di Minangkabau dan berada 90 km dari Kota Padang, ibu kota provinsi Sumatera Barat. Bukittinggi yang banyak dikunjungi oleh pelancong para turis wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara disebabkan iklim dan lokasinya yang mudah untuk dikunjungi.

Industri pariwisata bukittinggi merupakan salah satu sektor andalan pemasukan daerah yang terdapat banyaknya objek wisata yang menarik dan terbaik di kota wisata ini dengan memiliki pesona pemandangan alam yang indah dan mempesona. Bukit Tinggi merupakan tempat wisata yang berhawa sejuk karena dikelilingi oleh dua gunung, yaitu Gunung Marapi dan Gunung Singgalang, sehingga objek wisata bukittinggi banyak di kunjungi para pelancong.

Berikut adalah 6 tempat wisata terbaik bukittinggi padang sumatera barat yang bisa sobat kunjungi:

1 Ngarai Sianok

Ngarai Sianok mendapat julukan “Great Wall of Koto Gadang” bukan tanpa alasan. Ngarai Sianok adalah lembah yang curam atau jurang. Di bawahnya mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku menelusuri celah-celah tebing. Latar dari Ngarai Sianok adalah Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Kemegahannya membentang dari Kabupaten Agam hingga Kota Bukittinggi. Ngarai dalam bahasa Padang berarti tebing atau jurang.

Dan, jurang itu membentuk dinding raksasa setinggi 100 m yang membentang sepanjang 15 km. Ia merupakan bagian dari patahan yang memisahkan Pulau Sumatra menjadi dua bagian memanjang, atau biasa dikenal dengan nama “patahan semangko”.

Yang lebih menarik adalah, di bawah ngarai tersebut para pengunjung bisa bermain kano atau kayak, menyusuri sungai Batang Sianok.

2 Gua lubang Jepang

tempat-wisata-terbaik-bukittinggi-padang-sumatera-barat

Ini merupakan sebuah lubang yang menyerupai gua, dan merupakan bunker peninggalan zaman Jepang. Kawasan wisata yang satu ini tidak jauh dari Ngarai Sianok, bahkan masih berada dalam satu kawasan. Dulu, Jepang menggunakan gua tersebut sebagai markas tentara ketika menduduki Bukittinggi. Selayaknya sebuah bunker, ada banyak lorong kecil yang dibuat untuk keperluan benteng pertahanan, seperti lorong penyimpanan amunisi, bilik serdadu militer Jepang, ruang rapat, ruang makan romusa, dapur, penjara, ruang sidang, ruang penyiksaan, tempat pengintaian, tempat penyergapan, hingga pintu pelarian.

Lobang Jepang ini terletak di Bukit Sianok Bukittinggi dan merupakan basis pertahanan Jepang pada saat Perang Dunia II dan Perang Asia Timur Raya tahun 1942. Suasana mistis terasa di dalam gua. Konon, ada satu ruangan tahanan yang sekaligus berfungsi sebagai ruang penyiksaan.
Salah satu kekejaman tentara Jepang adalah pembunuhan tahanan dengan cara dicincang. Tidak sampai di situ, tubuh yang sudah terpotong-potong itu kemudian disiram dengan air panas dan garam, untuk memastikan jasad itu sudah tak bernyawa lagi.

3 Air Terjun Lembah Anai

tempat-wisata-terbaik-bukittinggi-padang-sumatera-barat

Lembah Anai terletaknya berada persis di pinggir jalan antara Padang dan Bukittinggi. Cagar Alam Lembah Anai Lembah anai terkenal dengan objek wisata air terjunnya. Cagar alamnya adalah kawasan hutan lindung dengan hutan tropis dan beraneka jenis flora dan fauna.

Alam yang hijau, dan flora dan faunanya, menjadi daya tarik tersendiri dari Lembah Anai. Di dalam rindangnya hutan terdapat beberapa tanaman langka yang sekaligus menjadi daya tarik dari Cagar Alam Lembah Anai, salah satunya bunga bangkai (amorphyphalus titanum). Lembah Anai berada di antara kota Bukittinggi dan Padang

4. Jam Gadang
tempat-wisata-terbaik-bukittinggi-padang-sumatera-barat

Di pusat Kota Bukittinggi, terdapat semacam alun-alun tempat pusat keramaian kota dan ditengahnya terdapat Jam Gadang. Inilah landmark Kota Bukittinggi.

Suasana sekitar Jam Gadang sangat ramai, terutama di malam Minggu saat orang-orang sekitar menghabiskan liburan. Simbol khas Bukittinggi dan Sumatera Barat ini memiliki cerita dan keunikan dalam perjalanan sejarahnya.

Hal tersebut dapat ditelusuri dari ornamen pada Jam Gadang. Salah satu keunikan tersebut adalah angka empat pada angka Romawi. Jika biasanya tertulis dengan IV, namun di Jam Gadang tertera dengan IIII. Dari menara Jam Gadang, para wisatawan bisa melihat panorama Bukittinggi yang terdiri dari bukit, lembah, dan bangunan berjejer di tengah kota.

5. Benteng Fort de Kock

tempat-wisata-terbaik-bukittinggi-padang-sumatera-barat

Benteng ini dibangun di atas Bukit Jirek dan awalnya diberi nama Sterrenschans. Kemudian namanya berubah menjadi Fort de Kock, oleh Hendrik Merkus de Kock, yang merupakan salah satu tokoh militer Belanda. Beberapa tahun kemu­dian, kota di sekitar benteng ini berkembang menjadi sebuah kota yang juga diberi nama Fort de Kock, yang lalu bernama Bukittinggi. Kini, kawasan Benteng Fort de Kock menjadi Taman Kota Bukittinggi (Bukittinggi City Park) dan Taman Burung Tropis (Tropical Bird Park).

6. Museum Rumah Adat Baanjuang

tempat-wisata-terbaik-bukittinggi-padang-sumatera-barat

Museum ini didirikan oleh seorang Belanda yang bernama Mondelar Countrolleur pada tahun 1935. Ini adalah sebuah bangunan berupa rumah tradisional yang memiliki anjuang kiri dan kanan. Bangunannya masih terlihat tradisional, seperti atap bangunan masih menggunakan ijuk, dinding terbuat dari kayu, serta berlantai kayu. Koleksi Museum Rumah Adat Baanjuang ini adalah kelompok etnografika, numismatika, binatang yang diawetkan, dan sebagainya. Binatang ini terlahir tidak normal, karena beberapa anggota tubuhnya berlebih. Hal tersebut dapat dilihat pada koleksi binatang yang dipajang di etalase, seperti kerbau berkepala dua, berkaki delapan, dan juga kambing yang bermuka dua.

Binatang-binatang tersebut hidupnya tidaklan bertahan lama, setelah mati binatang ini diawetkan dan menjadi bagian dari koleksi museum ini. Koleksi miniatur rumah gadang, surau, rumah makan juga sangat menarik perhatian. Sebabnya, rumah-rumah tradisional tersebut makin lama makin susah ditemukan di Ranah Minang

Demikian daftar tempat-tempat wisata terbaik yang ada di bukititnggi sumatera barat., Semoga bermanfaat jangan lupa berkomentar dan berkunjung kembali