Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik , LOGO dan desain grafis lainya
Email : mastertracer69@gmail.com

5 Faktor Penyebab Kegagalan Usaha Bisnis Bangkrut

5-faktor-penyebab-kegagalan-usaha-berbisnis-dan-wirausaha
5 Faktor Penyebab Kegagalan Usaha Bisnis Bangkrut -Kegagalan dalam memulai berbisnis dan usaha adalah hal biasa terjadi , namun gagal dalam memulai usaha akan bisa di minimalisir resiko kegagalannya jika anda mengetahui tips cara memulai usaha yang benar.  Banyak pebisnis pemula yang merintis usaha sekitar 80 persen yang mengalami kegagalan penyebabnya adalah karena faktor internal ketimbang eksternal. Kita memang tidak bisa memprediksi sebuah bisnis akan berhasil atau gagal. Namun, kita bisa belajar dari kesalahan orang lain yang pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis.

Berikut ini adalah 5 faktor penyebab kegagalan usaha berbisnis dan wirausaha

1. Tidak mengetahui pasar.
Dalam bisnis menentukan target pasar adalah hal yang sangat penting.  Bagaimana Anda mau memasarkan produk Anda sementara Anda sendiri masih bingung mencari pasar yang jelas.  Misal, Anda menawarkan produk kipas angin kepada orang-orang yang justru lebih membutuhkan AC. Ingat! lebih baik menyediakan sesuatu yang dibutuhkan oleh pasar ketimbang memaksakan produk Anda agar diterima oleh pasar.

2. Kurang Merencanakan dengan matang
Untuk mencapai target pasar tersebut, Anda tentunya harus memiliki perencanaan yang matang.  Lakukan survei dan riset tentang target pasar Anda dan positioning produk Anda, lakukan perencanaan pengelolaan keuangannya. Jangan lupa untuk memasukkan estimasi biaya dan waktu, masalah yang mungkin menghadang, dan bagaimana cara menyelesaikannya. Setelah perencanaan matang, laksanakan sesuai jalurnya. Jika Anda melenceng dan tiba-tiba mengubah jalur, maka kemungkinan besar Anda akan merugi.

3. Terlalu senang
Anda baru membuka bisnis selama satu bulan, tiba-tiba Anda mendapatkan pembelian dalam jumlah banyak dan Anda untung berlipat, hati-hati, kondisi ini biasanya melenakan. Pebisnis baru yang mentalnya belum terasah biasanya akan terlalu puas menerima hasil yang diperoleh, sehingga lupa jika bisnis yang sedang dibangunnya adalah untuk jangka panjang bukan jangka pendek. Teruslah jalankan bisnis Anda sesuai dengan perencanaan yang dibuat. Baca terus situasi pasar dan jangan gegabah dalam mengambil keputusan

4. Manajemen yang buruk
Bukan berarti kita harus memiliki latar belakang manajemen atau akuntansi untuk menjadi pebisnis sukses. Kita bisa belajar membuat arsip dan catatan yang baik setiap transaksi yang terjadi. Tak ada salahnya juga bila Anda membuat catatan rinci seputar tahapan apa saja yang sudah dilakukan. Dengan pencatatan yang baik, kita bisa mengevaluasi, apakah bisnis yang sudah berjalan semakin dekat dengan keuntungan berlipat atau justru ancaman jurang kebangkrutan.

5. Pegawai tak terkendali
Tak salah memang bila membayangkan bisnis yang akan Anda geluti mempekerjakan banyak pegawai. Tapi apakah Anda betul-betul membutuhkan pegawai di saat bisnis baru berjalan? Banyak pengusaha sukses yang memulai usahanya dengan menjalankan sendiri bisnisnya. Mereka baru merekrut pegawai ketika bisnis sudah berkembang. Jangan buru-buru merekrut pegawai bila belum membutuhkannya. Sebaiknya, rekrut pegawai hanya ketika bisnis sudah berkembang pesat dan Anda sudah merumuskan job description bagi calon pegawai Anda. Tak perlu dalam jumlah banyak, cukup rekrut sesuai yang Anda butuhkan. Pastikan juga bahwa orang yang direkrut memenuhi kriteria.
Demikian beberapa sebab-sebab faktor penyebab kegagalan usaha berbisnis dan wirausaha