Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik , LOGO dan desain grafis lainya
Email : mastertracer69@gmail.com

Sistem Kerja Fungsi Wiper Dan Washer Pada Mobil

tips-otomotif-sistem-kerja-fungsi-wiper-dan-washer-pada-mobilSistem Kerja Fungsi Wiper Dan Washer Pada Mobil - Pada kesempatan kali ini kembali tipstriksib akan berbagi tips seputar otomotif mengenai cara kerja fungsi wiper dan washer pada mobil. Memang terkesan remeh, karena tak berhubungan dengan mesin atau pengendaraan secara langsung. Tapi komponen penyeka air dari kaca ini tak akan bekerja optimal jika tak kita ketahui fungsi dan cara kerjanya

Sesuai namanya, wiper berfungsi sebagai penyapu dan penyeka air.Tepatnya adalah air yang menjadi objek sapuannya.Tujuannya adalah agar wind screen dapat bersih dari terjangan air dan kotoran yang menerpa. Berbagai macam teknologi pun telah di kembangkan agar proses penyapuan air dari kaca kian maksimal. Di antaranya adalah aplikasi water repellant pada kaca.

Nah pada kaca yang sudah di aplikasikan elemen ini, tak bisa sembarang wiper lagi digunakan. Harus wiper dengan teknologi graphite coating. Wiper jenis ini mampu menyapu kaca tanpa menghapus lapisan water repellant dan bekerjasama bersama dengan optimal bersama water repellant saat menyapu air.

Berikut adalah beberapa jenis -jenis Sistem Kerja Fungsi Wiper Dan Washer Pada Mobil

1.WIPER BLADE STANDAR 

Wiper jenis ini biasanya memiliki material besi sebagai rangkanya.beberapa kelemahan masih ditemukan pada wiper jenis ini, diantaranya timbul pada merek-merek yang kualitas pengerjaanya masih sangat minim.Imbas dari minimnya kualitas adalah proses korosi kerap terjadi pada rangka frame ini, sehingga kelenturannya pun berpengaruh saat menjaga fleksibilitas bilah karet.

Namun beberapa merek ternama seperti Denso, dan Hella pada produk high-end nya sudah mengaplikasikan lapisan cat yang menyeluruh pada bidang frame sehingga menimalisir timbulnya korosi pada frame.

2.FRAMELESS WIPER BLADE 

Wiper jenis ini kerap dipilih sebagai produk aftermarket.Bermodalkan teknologi tanpa rangka besi, mengandalkan bilah karet semata sebagai penyapu sekaligus tulang bilah . Selain harganya yang jauh lebih murah dibanding wiper OEM, material plastik yang digunakan pun tentu membuat karat tak dapat timbul.Namun kelemahannya justru muncul dari material karet yang menjadi nyawa utama wiper jenis ini. Sifatnya yang universal seringkalli membuat wilayah sapuan menjadi kurang maksimal.Alhasil ada beberapa titik yang kerap tak tersapu. Selain itu tak banyak merek wiper jenis ini yang berada pada rabilitas tinggi.

3.GRAPHITE COATING WIPER BLADE 

Seperti sudah disebut di atas, wiper jenis ini, memilki lapisan khusus di ujung lapisan ni, sapuan wiper terhadap kaca yang sudah diberi proteksi water repellant tak akan menggerus lapisan tersebut.
Tak hanya itu, aplikasi wiper jenis ini juga hanya maksimal jika bertemu dengan kaca yang sudah diberi proteksi tersebut.Jika tak bertemu lapisan water repellant, wiper jenis ini justru akan berdecit manakala menyapu kaca.

4.GUNAKAN WIPER DENGAN TIMING YANG TEPAT 

Tujuannya adalah agar proses penyapuan menjadi tak sia-sia.Jika wiper yang menyapu saat kondisi kaca kering, atau terlalu sering menyapu dengan debit air hujan yang tak seberapa , imbasnya karet akan bergesekkan denga kaca yang kering. Manfaatkan berbagai pilihan kecepatan yang ada.umunya mobil-mobil modern memiliki beberapa tingkat kecepatan mulai dari momentum- Intermittent-Slow-Fast-Super Fast. Pada beberapa mobil, tingkat intermittent dapat disesuaikan kecepatannya. Ini dapat memberikan pilihan kecepatan pada saat hujan gerimis. Sehingga wiper tak perlu bekerja keras saat kaca belum terlalu basah. Efek dari seringnya wiper bergesekkan dengn kaca yang tak basah maka berpotensi menyebabkan baret pada kaca akibat debu yang bergesek oleh wiper.Tak hanya itu , wiper yang bergesekkan dengan medium kaca kering juga akan menurun durabilitasnya.

5.SESUAIKAN ARAH NOZZLE WASHER 

Nozzle washer juga perlu dicek sebelum menyerbu hujan. Arah nozzle yang tak tepat pada bidang sapuan wiper hanya tak akan maksimal proses pembasahannya. Anda bisa membetulkan arah semprotan nozzle dengan memasukkan benda sejenis jarum kelubang nozzle, dan digeser ke arah yang sesuai. Perlu proses tiral and error sebelum menemukan titik yang tepat, karena sedikit saja bergeser, maka arah semprotan dapat berbeda jauh.

Demikian tips otomotif Sistem Kerja Fungsi Wiper Dan Washer Pada Mobil, semoga bermanfaat.