hal-hal yang membatalkan puasa ramadhan dan mengurangi pahala puasa

hal-hal-yang-dapat-membatalkan-puasa-ramadhan-dan-mengurangi-pahala-puasa

Puasa ( shaum ) ramadhan merupakan bulan penuh ampunan maghfiroh  dan pahala yang berlimpah , berlipat ganda dari Allah SWT, bagi orang-orang beriman yang sabar dan khusu beribadah dalam menjalaninya puasa shaum ramadhan.

Oleh karena itu jangan sia-siakan waktu dan acuh akan kedatangan bulan puasa dengan perbuatan dan hal-hal tak berguna seperti hal-hal yang membatalkan puasa shaum ramadhan dan hal-hal yang dapat mengurangi serta menghilangkan pahala puasa . Faktor dan sebab-sebab apa saja yang bisa membatalkan puasa shaum ramadhan dan menghapus pahala shaum ramadhan?


Berikut adalah 5 hal-hal yang dapat membatalkan puasa dan menghapus pahala puasa;

1.Makan dan minum dengan sengaja kecuali lupa maka tidak batal puasanya dan dilanjutkan kembali puasa
2. Jima' ( bersenggama) berhubungan seks suami istri di siang hari disaat puasa ramadhan
3. Mengeluarkan mani dalam keadaan terjaga karena onani, bersentuhan, ciuman atau sebab lainnya dengan sengaja. Adapun keluar mani karena mimpi tidak membatalkan puasa karena keluarnya tanpa sengaja.
4. Keluarnya darah haid dan nifas bagi wanita diwajibkan untuk tidak puasa atau membatalkan puasa jika sedang puasa sebelumnya.
 5.Sengaja muntah, dengan mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut.

Setelah sobat mengetahu 5 hal yang bisa membatalkan puasa , tentunya perlu diketahui juga  hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa  artinya jika 5 hal yang membatalkan puasa bisa kita hindari , maka puasa kita dikategorikan berhasil secara syarat batal puasa, namun sempurnakah puasa kita ? apakah kita dapat pahala ? ya hanya pahala menahan lapar dahaga saja,,  Apa saja hal-hal yang dapat mengurangi dan menghilangkan nilai pahala puasa ?

Berikut adalah 5 hal yang dapat mengurangi pahala puasa

1. Berbohong/berdusta
2. Menggunjing atau membicarakan orang
3. Mengadu domba antar sesama
4. Sumpah palsu
5. Melihat dengan syahwat

Mudah-mudah kita selalu dilindungi Alloh SWT dan terhindar dari hal-hal  yang membatalkan puasa shaum ramadhan dan hal yang mengurangi serta menghilangkan pahala puasa. Amin

related post


8 comments:

  1. makasih bgt infonya mas, sangat bermanfaat, salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas,, semoga pahala dan ibadah puasa kita bisa diterima oleh Alloh SWT dan diampuni segala dosa dan kekhilafan,
      semoga bermanfaat..

      Delete
  2. Makasih infonya dan Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin,,semoga artikel tentang seputar hal yang membatalkan puasa dan hal yang mengurangi nilai pahala puasa ramadahan bisa bermanfaat..

      Delete
  3. mas tmen saya nanyak nih, seumpamanya mengeluarkan mani akibat onani kan batal puasanya, tapi sebelum melakukan dia itu tidak tau kalau bisa membatalkan puasa,gimana tu mas,.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Alloh SWT mengampuni segala ketidaktahuan teman mas kaconk , memohon ampunlah kepada Alloh
      dan jangan mengulangi perbuatannya lagi.

      Delete
  4. Bagaimana dengan marah? Apakah juga mengurangi pahala puasa? Misalnya saya marah kepada mouse saya dengan penuh emosi dan kemudian membantingnya sampai rusak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sobat adi telah berkunjung,
      puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga saja, tetapi puasa dari menahan diri dari segala nafsu manusia termasuk nafsu amarah, yang dapat menggugurkan pahala dan mengurangi nilai pahala ibadah puasa kita, Ingat selalu ada 3 tingkatan puasa sifatnya umum, (puasa menahan lapar dahaga) , puasa khusus menahan nafsu amarah, puasa khusus lil khusus ( puasa hati dari ingkar ke pada alloh swt ) , semoga bermanfaat

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.

Komentar sobat jangan mengandung unsur ;

1.Penghinaan dan pelecehan
2.Komentar Spam
3.Link aktif atau teks anchor