income syariah

keajaiban ( hikmah ) sholat tahajud dan keutamaan shalat malam qiyamullail

keajaiban-hikmah-sholat-tahajud-dan-keutamaan-shalat-malam-qiyamullail
keajaiban ( hikmah ) sholat tahajud dan keutamaan shalat malam qiyamullailkeajaiban-hikmah-sholat-tahajud-dan-keutamaan-shalat-malam-qiyamullail

Sholat tahajud (qiyamullail ) adalah shalat sunnat yang dikerjakan di malam hari setelah terjaga dari tidur. shalat tahajud termasuk shalat malam yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh Rasulullah SAW dan Alloh SWT atau disebut sunnat mu'akad. 


Sholat tahajud dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya 12 rakaat sampai tidak terbatas


Sholat tahajud  ( sholat malam ) dapat dilakukan kapanpun pada malam hari. Namun waktu paling utama untuk melakukan sholat tahajud  adalah pada sepertiga akhir malam sekitar jam 2 - 3 dini hari.

Banyak manfaat sholat tahajud dan faedah sholat malam bagi orang yang memerlukan pertolongan Allah SWT, karena di waktu tengah malam menjelang dini hari itu merupakan waktu mustajab untuk berdoa dan memohon hajat kepada Allah SWT.

Mengingat begitu dahsyatnya hikmah dan manfaat serta keajaiban sholat tahajud , banyak orang beriman dan taqwa yang menyingkap rahasia keajaiban sholat malam tentunya dengan melaksanakan sholat tahajud secara istiqomah dan rutin menjalankannya. 

Rahasia keajaiban Sholat tahajud tentunya akan terbongkar oleh orang-orang beriman dan taqwa yang istiqomah dan ikhlas menjalankan sholat tahajud , karena dengan dengan sering dan terlatih bangun malam untuk sholat tahajud akan memberikan ketenangan jiwa dalam keheningan dalam berdoa untuk memohon segala hajat dan  keinginan, keselamatan dunia dan akhirat  termasuk kesehatan, spiritual, materi dan lainnya.  
Allah SWT akan memberikan derajat dan kemuliaan kepada orang yang beriman yang istiqomah dalam sholat tahajud.  

Selain sholat tahajud ada shalat sunnat lainnya yang sama besar keutamaan dan manfaatnya yaitu sholat Dhuha,  yang dikerjakan pada waktu dhuha sekitar jam 8-10 pagi.

Adapun dalam Al quran banyak yang menjelaskan keutamaan dan keistimewaan sholat tahajud ( shalat malam ) , berikut adalah petikan ayat ayat al quran tentang sholat tahajud


QS. Al Isro' 79.


Dan pada sebahagian malam hari, kerjakanlah sholat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Robb-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

QS. Adz Dzaariyaat 15,  16 ,17 , 18


Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. 


Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam.

Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.

QS. As Sajdah 16, 17 


Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki yang Kami berikan. 

Maksudnya mereka tidak tidur di waktu biasanya orang tidur untuk mengerjakan shalat malam.  Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.

QS.Az Zumar 9. 


(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? 

Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.

QS. Al Insaan 26. 


Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang dimalam hari.

QS. Qaaf 40. 


Dan bertasbihlah kamu kepada-Nya di malam hari dan setiap selesai sembahyang.

QS. Ath Thuur 48, 49  


Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri. 

Maksudnya hendaklah bertasbih ketika kamu bangun dari tidur atau bangun meninggalkan majlis, atau ketika berdiri hendak shalat. dan bertasbihlah kepada-Nya pada beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar).

QS. Al Furqaan 64.


 Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka. Maksudnya orang-orang yang sembahyang tahajjud di malam hari semata-mata karena Allah.

QS. Ali 'Imran 113. 


Mereka itu tidak sama; di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (sembahyang). Yakni: golongan Ahli Kitab yang telah memeluk agama Islam.


Adapun hadits Rasulullah SAW  yang menjelaskan keutamaan dan keistimewaan sholat tahajud ( shalat malam )

Diriwayatkan Aisyah r.a, ia berkata :
" Nabi saw mengerjakan sholat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau,lalu aku katakan kepada beliau,'Mengapa engkau melakukan seperti ini, ya Rosulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah?

'Beliau menjawab,'Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?"
(HR Bukhori VIII/449 dan Muslim 2819 dan 2820)

Diriwayatkan dari Abu Huroiroh r.a, bahwa Rosulullah saw bersabda :


“Setan mengikat pada ujung kepala salah seorang diantara kalian jika tidur dengan tiga ikatan. Masing-masing ikatan mengatakan : “Engkau masih memiliki malam yang panjang, maka tidurlah!’ Jika ia bangun lantas menyebut nama Allah, maka terlepaslah satu ikatan. Jika ia berwudlu, maka lepaslah ikatan berikutnya. Dan jika ia mengerjakaan sholat, maka terlepaslah satu ikatan lagi, sehingga keesokan harinya ia menjadi giat, demikian juga jiwanya akan menjadi baik. Jika tidak demikian, maka keesokan harinya ia menjadi kotor jiwanya lagi pemalas.” (HR. Muslim 1163).

Diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a, bahwa Nabi saw bersabda :


“ Sholat malam adalah dua rokaat dua rokaat. Jika engkau khawatir segera tiba waktu Subuh, maka witirlah dengan satu rokaat saja.” (HR. Bukhori (II/397), Muslim (749) dan Abu Dawud (1326).

Diriwayatkan dari Jabir r.a, bahwa ia berkata : Aku telah mendengar Rosululloh saw bersabda :


“ Sesungguhnya diwaktu malam itu terdapat suatu waktu yang jika saja bertepatan dengan waktu itu seorang hamba muslim memohon kebaikan kepada Allah berkenaan dengan urusan dunia dan akhirat, sudah pasti Allah akan memberikannya kepadanya. Waktu itu terdapat pada setiap malam.” (HR. Muslim)

Diriwayatkan dari Abdulloh bin Amru bin Ash r.a,bahwa Rosululloh saw bersabda :


“ Sholat yang paling dicintai oleh Allah adalah sholat Nabi Dawud. Demikian juga, puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi Dawud. Beliau tidur separuh malam (yang pertama), lalu bangun sepertiganya, kemudian tidur kembali pada sisa waktu seperenamnya. Beliau sehari berpuasa dan sehari berbuka.” (HR. Bukhori (III/13) dan Muslim (II/816).

Diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a, bahwa ia berkata: Sesungguhnya Nabi saw telah bersabda:
“ Jadikanlah sholat witir sebagai akhir sholat kalian di malam hari.”
(HR. Bukhori (II/406), Muslim (751), Abu Dawud (1438) dan nasa’I (230-231)

Ada beberapa manfaat keutamaan keistimewaan shalat malam dan keajaiban ( hikmah ) sholat tahajud / qiyamullail

1. Orang yang shalat tahajud akan dibangkitkan Allah dalam di tempat yang terpuji.


Allah SWT Berfirman: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (QS. Al-Isra: 79)



2. Orang yang shalat tahajud adalah orang yang disebut oleh Allah sebagai muhsinin dan berhak mendapatkan kebaikan dari-Nya serta rahmat-Nya.


Allah SWT Berfirman: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik; Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah). (QS Az-Zariyah: 15-18)


3. Orang yang shalat tahajud dipuji Allah dan dimasukkan kedalam kelompok hamba-nya yang baik-baik.

Allah SWT Berfirman:


Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka. (QS. Al-Furqan: 63-64)



4. Kepada Orang yang shalat tahajud, Allah bersaksi atas mereka bahwa mereka adalah orang yang beriman.


Allah SWT Berfirman:



Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, adalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat (Kami), mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya, sedang mereka tidak menyombongkan diri. 

Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo'a kepada Tuhannya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka.



Seorangpun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam ni'mat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (As-Sajdah: 15-17)


5 Allah membedakan Orang yang shalat tahajud dengan yang tidak secara jelas dan bahwa mereka berbeda dengan lainnya

Allah SWT Berfirman:



(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? 

Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran. (QS Az-Zumar: 9)


6. Kepada Orang yang shalat tahajud, Rasulullah SAW mengatakan bahwa mereka pasti akan masuk surga.

Rasulullah SAW bersabda:



Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, shalat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).


7. Shalat tahajud itu adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kita, sarana pendekatan kepada Allah, penghapus keburukan, pencegah dosa dan penangkal penyakit di badan.


Rasulullah SAW bersabda kepada Salman al-Farisi:



"Hendaklah kamu melaksanakan qiyamullail karena qiyamullail itu adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kita, sarana pendekatan kepada Allah, penghapus keburukan, pencegah dosa dan penangkal penyakit di badan." (HR. A-Tabarani dan Al-Hatsami).

Demikian beberapa keistimewaan ( keajaiban ) sholat tahajud dan rahasia keutamaaan sholat malam , yang bisa memberikan motivasi dan semangat ibadah untuk menjadi lebih taqwa dan ikhlas dalam menjalankan sunnah Rasulullah SAW dan perintah Allah SWT agar kita termasuk ke dalam golongan orang-orang sholeh. Amiin


related post




32 Responses to "keajaiban ( hikmah ) sholat tahajud dan keutamaan shalat malam qiyamullail"

  1. mudahan kita semua termasuk orang yang rajin menjalankan sholat tahajjud

    ReplyDelete
  2. Subhanallah di malam ini aku meminta agr di permasalahan ( krj ) aku berharap ada yg menjawab .dan memutuskn tidak di pecat krna dlm malam ini aq dn Calon istri punya niat Hajat di bulan ini .. amin

    ReplyDelete
  3. semoga saja kita semua bisa sering melakukan shalat tahajjud..

    ReplyDelete
  4. semoga apa yg kita ingnkan trcpai semua

    ReplyDelete
  5. celkalah orang2 yang mencela Firman Allah dan sabda rosul utusannya.

    ReplyDelete
  6. semoga hati kita senantiasa dituntun menuju Jannah Mu.... amin

    ReplyDelete
  7. subhanallah, dengan sholat malam, banyak sekali berkah yang ALLAH berikan pada kami sekeluarga...aminn

    ReplyDelete
  8. bismillah semoga menjadi awal yang baik dalam hidupku amiin....

    ReplyDelete
  9. amiin
    semoga ENGKAU berkati stiap niat dan langkah ku ini

    ReplyDelete
  10. ya Allah begitu banyak nikmat yang kami tidak syukuri semoga kita menjadi orang yang istiqomah melaksanakan shalat tahajjud amiiiiiin

    ReplyDelete
  11. YA ALLAH BUKALAH HATI KAMI DAN BERILAH KAMI HIDAYAH AGAR KAMI DAPAT MELAKSANAKAN SHOLAT MALAM. AMIIN.

    ReplyDelete
  12. Amin ya Allah ...

    ReplyDelete
  13. subhanaALLAH mudah2an kita semua bisa istiqomah sholat tahajud amiiin...

    ReplyDelete
  14. Mudah mudahan diberi kemudahan untuk selulu bertahajut amien yarobbal alamin

    ReplyDelete
  15. Semoga setelah mengerjakah sholat tahajud pikiran,jiwa, hati,dan perasaan bisa lebih tenang,damai, dan di beri kepuasan tersendiri telah menyelesaikan sholat tahajud,amin yarobbil 'allamin

    ReplyDelete
  16. Bismillah....smga dengan sholat sunnah malam,dan sholat sunnah yg lain. Alloh SWT sllu melimpahkan rahmat srta hidayahNya bgi kita para muslim. Amiin yaa Alloh

    ReplyDelete
  17. suhanalloh . . .alloh memang maha pemurah . .. dan maha segalanya. . .terima kasih sudah berbagi ilmunya semoga menjadi catatan baik admin . . .amin !

    ReplyDelete
  18. Di indonesia ada komunitas gerakan tahajjud berantai(KUTUB),gabung aja ke whats app,facebook,twitternya!insyaallah kita akan rutin mengerjakan sholat tahajjud,amin

    ReplyDelete
  19. Ya allah berikan taupikmu, agar aku bisa melaksanakan sholat tahajud.. amin

    ReplyDelete
  20. H5

    Ya Allah bimbing kami, termasuk dalam golongan orang" yg sllu melaksanakan sholat tahajud..

    ReplyDelete
  21. Subhanallah banyak sekali manfaat shalat sunnah tahajud. Semoga kita senantiasa terbangun di malam hari untuk melaksanakan shalat sunnah tahajud. Ammiinn

    ReplyDelete
  22. Ya Allah,, semoga kami selalu istiqomah dalam menjalankan sholat tahajud ini

    Amiin ya Robballamin

    ReplyDelete
  23. Shalat yang paling afdol setelah 5 waktu, makasih atas postingannya :} sukses terus! mampir ke blog aku RPP SMP Kurikulum 2013, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima atas kunjungannya.
      ya sholat sunat tahajud / shalat malam qiyamullail sangat dianjurkan oleh rasulullah SAW untuk di laksanakan setelah sholat fardhu

      Delete
  24. Replies
    1. terima kasih,
      Banyak manfaat dan keutamaan shalat malam tahajud yang bisa dirasakan jika kita sering mendawamkan sholat sunnah tahajud ini, semoga kita tergolong orang yang selalu bisa melaksanakan shalat tahajud, amin

      Delete
  25. Gan admin, mohon diperbaiki rubahlah Nama Allah SWT huruf besar di awal jangan huruf kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas koreksinya,
      secepatnya saya ganti ejaan huruf nya,

      Delete
  26. mohon izin admin, izin untuk men share manfaat dan keutamaan sholat tahajud ini agar lebih banyak lagi yg mengetahui. Agar banyak yang melaksanakannya juga. InsyaAllah barokah buat kita semua . aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya silahkan, semoga kita dapat mengambil hikmah dan manfaat tentang keutamaan sholat malam sholat tahajud

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.

loading...