keajaiban ( hikmah ) sholat tahajud dan keutamaan shalat malam qiyamullail

keajaiban-hikmah-sholat-tahajud-dan-keutamaan-shalat-malam-qiyamullail

Sholat tahajud (qiyamullail ) adalah shalat sunnat yang dikerjakan di malam hari setelah terjaga dari tidur. shalat tahajjud termasuk shalat malam yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh rasulullah SAW dan alloh SWT atau disebut sunnat mu'akad. Sholat tahajjud dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya 12 rakaat sampai tidak terbatas

Sholat tahajjud  dapat dilakukan kapanpun pada malam hari. Namun waktu paling utama untuk melakukannya adalah pada sepertiga akhir malam sekitar jam 2 - 3 dini hari.


Mengingat begitu dahsyatnya hikmah dan manfaat serta keajaiban sholat tahajud , banyak orang beriman dan taqwa yang melaksanakan sholat tahajud secara istiqomah dan rutin menjalankannya.Sholat tahajud merupakan sarana ibadah yang memberikan ketenangan jiwa dalam keheningan dalam berdoa untuk memohon segala hajat dan  keinginan, keselamatan dunia dan akhirat  termasuk kesehatan, spiritual, materi dan lainnya.Selain sholat tahajud ada shalat sunnat lainnya yang sama besar keutamaannya yaitu sholat Dhuha, yang dikerjakan pada waktu dhuha sekitar jam 8-10 pagi.

 
 Ada beberapa manfaat keutamaan shalat malam dan keajaiban ( hikmah ) sholat tahajud / qiyamullail

1. Orang yang shalat tahajud akan dibangkitkan Allah dalam di tempat yang terpuji.

Allah SWT Berfirman: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (QS. Al-Isra: 79)

2. Orang yang shalat tahajud adalah orang yang disebut oleh Allah sebagai muhsinin dan berhak mendapatkan kebaikan dari-Nya serta rahmat-Nya.

Allah SWT Berfirman: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik; Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah). (QS Az-Zariyah: 15-18)

3. Orang yang shalat tahajud dipuji Allah dan dimasukkan kedalam kelompok hamba-nya yang baik-baik.

Allah SWT Berfirman:

Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka. (QS. Al-Furqan: 63-64)

4. Kepada Orang yang shalat tahajud, Allah bersaksi atas mereka bahwa mereka adalah orang yang beriman.

Allah SWT Berfirman:

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, adalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat (Kami), mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya, sedang mereka tidak menyombongkan diri. Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo'a kepada Tuhannya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka.

Seorangpun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam ni'mat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (As-Sajdah: 15-17)

5 Allah membedakan Orang yang shalat tahajud dengan yang tidak secara jelas dan bahwa mereka berbeda dengan lainnya

Allah SWT Berfirman:

(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran. (QS Az-Zumar: 9)

6. Kepada Orang yang shalat tahajud, Rasulullah SAW mengatakan bahwa mereka pasti akan masuk surga.

Rasulullah SAW bersabda:

Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, shalat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).

7. Shalat tahajjud itu adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kita, sarana pendekatan kepada Allah, penghapus keburukan, pencegah dosa dan penangkal penyakit di badan.

Rasulullah SAW bersabda kepada Salman al-Farisi:

"Hendaklah kamu melaksanakan qiyamullail karena qiyamullail itu adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kita, sarana pendekatan kepada Allah, penghapus keburukan, pencegah dosa dan penangkal penyakit di badan." (HR. A-Tabarani dan Al-Hatsami).

related post

12 comments:

  1. mudahan kita semua termasuk orang yang rajin menjalankan sholat tahajjud

    ReplyDelete
  2. Subhanallah di malam ini aku meminta agr di permasalahan ( krj ) aku berharap ada yg menjawab .dan memutuskn tidak di pecat krna dlm malam ini aq dn Calon istri punya niat Hajat di bulan ini .. amin

    ReplyDelete
  3. semoga saja kita semua bisa sering melakukan shalat tahajjud..

    ReplyDelete
  4. semoga apa yg kita ingnkan trcpai semua

    ReplyDelete
  5. celkalah orang2 yang mencela Firman Allah dan sabda rosul utusannya.

    ReplyDelete
  6. semoga hati kita senantiasa dituntun menuju Jannah Mu.... amin

    ReplyDelete
  7. subhanallah, dengan sholat malam, banyak sekali berkah yang ALLAH berikan pada kami sekeluarga...aminn

    ReplyDelete
  8. bismillah semoga menjadi awal yang baik dalam hidupku amiin....

    ReplyDelete
  9. amiin
    semoga ENGKAU berkati stiap niat dan langkah ku ini

    ReplyDelete
  10. ya Allah begitu banyak nikmat yang kami tidak syukuri semoga kita menjadi orang yang istiqomah melaksanakan shalat tahajjud amiiiiiin

    ReplyDelete
  11. YA ALLAH BUKALAH HATI KAMI DAN BERILAH KAMI HIDAYAH AGAR KAMI DAPAT MELAKSANAKAN SHOLAT MALAM. AMIIN.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.

Komentar sobat jangan mengandung unsur ;

1.Penghinaan dan pelecehan
2.Komentar Spam
3.Link aktif atau teks anchor