Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik , LOGO dan desain grafis lainya
Email : mastertracer69@gmail.com

Hikmah Keutamaan Bulan Ramadhan Dan Keistimewaan Manfaat Puasa Ramadhan

hikmah-keutamaan-bulan-ramadhan-dan-keistimewaan-manfaat-puasa-ramadhan
Hikmah Keutamaan Bulan Ramadhan Dan Keistimewaan Manfaat Puasa Ramadhan -Marhaban Ya Ramadhan, Kurang dari sebulan lagi kita akan kedatangan Bulan Ramadhan, Banyak hikmah keutamaan bulan ramadhan dan keistimewaan manfaat puasa ramadhan yang bisa di raih seorang mukmin, karena bulan ramadhan bulan yang berlipat ganda pahala amalan ibadah. sete;ah ditempa di bulan syaban dan bulan rajab. Keistimewaan bulan puasa ramadhan adalah bulan suci agung yang selalu dirindukan dan dinantikan kedatangannya oleh orang-orang beriman dan taqwa . Sebagai orang mukmin yang bertaqwa seharusnya bergembira dan menyambut datangnya syahrul ramadhan ( puasa ramadhan ) yang membawa 8 keutamaan dan keistimewaan yaitu ;

Syahrun Azhim ( bulan yang agung ) , Syahrul Mubarak ( bulan keberkahan ) , Syahru Nuzulul Qur’an (bulan turunnya al Qur'an ) , Syahrus Shiyam ( Bulan Puasa / shaum ), Syahrul Qiyam ( bulan ibadah qiyamullail sholat malam ) , Syahrus Sabr ( bulan kesabaran ), Syahrul Musawwah, ( bulan santunan ) dan Syahrul Yuzdaadu fiihi Rizqul Mu’min ( bulan keberkahan pintu rezeki bagi orang- orang mukmin )

Pada bulan puasa ( shaum ) ramadhan Allah SWT mengkhususkan dan meng-istimewakan bulan puasa ramadhan sebagai bulan amalan sholeh , dan Allah SWT mencurahkan kasih sayang sepenuhnya kepada umat-Nya yang beriman dibanding dengan bulan-bulan yang lain Marhaban Ya Ramadhan,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan kepada kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu,supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa." (S.al-Baqarah:183).

Dalam sebuah hadist panjang yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban dalam shahihnya 

Rasulullah SAW bersabda “Di dalam bulan Ramadhan, umatku diberi Allah SWT lima keistimewaan yang tidak pernah diberikan kepada nabi sebelumku, yaitu:

1) Pada permulaan malam Ramadhan Allah azza wa Jalla memandang mereka. Siapa yang telah dipandang Allah, maka orang itu tidak akan disiksaNya. 

2) Bau mulut orang yang shiyam (berpuasa), di waktu sore lebih harum dari pada bau minyak kesturi. 

3) Siang dan malam para malaikat memohonkan ampunan buat mereka.

4) Allah memerintahkan kepada surga, dengan firmanNya: 'Bersiap-siaplah untuk hamba-hambaKu, karena mereka hampir beristirahat dari kelelahan dan kepayahan dunia ke sisiKu.' 

5) Dan pada akhir malam bulan Ramadhan Allah mengampuni mereka semua.” 

“Barang siapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” 

Secara harfiyah puasa shaum ramadhan artinya menahan, yakni menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan ( shaum ) puasa ramadhan sejak terbit fajar sampai terbenam matahari agar bisa membakar dosa-dosa seorang mukmin dan insya Allah dia akan kembali kepada fitrah atau kesuciannya. 

Hikmah keutamaan bulan ramadhan dan keistimewaan manfaat shaum puasa ramadhan

1.Puasa dan Al-Qur’an memberi syafaat bagi seorang hamba pada hari kiamat. 
puasa berkata : Wahai Robb, aku telah menahannya dari makanan dan syahwat maka berikanlah syafaat. 

Al-Qur’an berkata : Wahai Robb, aku telah menahannya dari tidur dimalam hari maka berilah syafaat. Rosulullah berkata : maka keduanya memberi syafaat.”

2.Semua Pahala amalan manusia akan dilipat gandakan setiap satu kebaikan (dianggap) sepuluh kali kebaikan tersebut dan dilipat gandakan menjadi 700 kali. 

Allah berfirman : Kecuali puasa, karena amalan itu untuk-Ku dan Aku akan membalasnya. (disebabkan) meninggalkan sahwatnya dan makanannya demi Aku

3. Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan iman dan pengharapan (pahala), diampuni dosa-dosa yang telah lampau.

4.Untuk orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan : kebahagiaan ketika berbuka puasa. dan kebahagiaan akhirat ketika menemui Tuhannya.”

5.Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mencari ridha Allah, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

6. Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan kemudian diikuti dengan 6 hari di bulan Syawal, maka puasanya seperti puasa setahun"

7.Barangsiapa yang bangun pada bulan Ramadhan (bangun untuk sholat Tarawih) dengan penuh keimanan dan mencari ridha Allah ,maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

Manfaat puasa di bulan ramadhan bagi kesehatan tubuh manusia:

1.Puasa ramadhan mengistirahatkan pencernaan dan perut dari kelelahan kerja yang terus menerus, mengeluarkan sisa makanan dari dalam tubuh, memperkuat badan.sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

2.Puasa ramadhan bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari racun kotoran dengan puasa berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh.

3 Puasa ramadhan bermanfaat untuk mendorong terjadinya pergantian sel-sel tubuh yang rusak dengan yang baru (peremajaan).

4.Puasa ramadhan bermanfaat untuk memperbaiki fungsi hormon dan juga meningkatkan fungsi organ tubuh 

Baca juga Artikel

Demikian hikmah keutamaan bulan ramadhan dan keistimewaan manfaat puasa ramadhan, semoga menjadi motivasi kita dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan