cara mengedit gambar bitmap foto menjadi vektor kartun menggunakan tracing coreldraw

cara-mengedit-gambar-bitmap-foto-menjadi-vektor-kartun-menggunakan-tracing-corel-draw

Tutorial corel draw kali ini  tipstriksib akan membahas trik cara edit foto dan merubah foto bitmap ( jpeg ) menjadi gambar manga vektor anime atau gambar kartun / karikatur menggunakan coreldraw yang sering disebut juga tracing menggambar ulang. 

Teknik tracing ada beberapa cara dalam proses pecah warna / pemisahan warna  diantaranya pecah warna CMYK menggunakan photoshop dan  pisah warna menggunakan coreldraw.

cara menggunakan photoshop dalam pecah warna (tracing ) edit foto gambar kartun / karikatur lebih mudah dibanding coreldraw bagi sebagian designer, namun semua itu bergantung pada usernya sendiri. 

Namun tipstriksib akan memaparkan trik cara mengedit foto jpeg menjadi gambar vektor ( tracing  )  kartun / karikatur  dengan  menggunakan Coreldraw.  

Sebenarnya trik ini cukup mudah dan sederhana terutama bagi pemula yang belajar mengedit, menggambar tracing  dan mendesain gambar kartun dengan menggunakan coreldraw .

Tutorial coreldraw ini bisa dipraktekan dengan coreldraw semua versi yang ada, mulai corel draw 11, corel draw 12 , coreldraw X3, X4, X5. tergantung software coreldraw mana yang lebih mudah dan familiar dengan anda.

OK, langsung ke tutorial  trik cara mengubah gambar foto bitmap ( jpeg ) menjadi gambar vektor ataupun gambar kartun versi coreldraw;
1.jalankan aplikasi program coreldraw
2. buka gambar foto yang akan di konversikan ke gambar vektor dan gambar kartun/karikatur .
 kali ini pada  tipstriksib  mengambil contoh gambar atau foto gambar karakter kartun super mario dengan  format jpeg , anda bisa berkreasi dengan menggunakan foto atau wajah sendiri atau foto jpeg lainnya yang bisa anda cari atau download via internet melalui  searching google, yahoo atau bing .

cara-mengedit-foto-menjadi-gambar-vektor

3.klik foto atau gambar kartun hasil download dalam hal ini foto jpeg kartun mario  , kemudian pilih menu   bitmaps >> convert to bitmap.. maka akan muncul option dari kotak dialog convert to bitmap


cara-mengubah-gambar-bitmap-ke-vektor-di-corel-draw
4.Kemudian Pilih menu trace bitmaps >> line art, atur komposisi warna agar didapat gambar vektor yang sesuai dengan aslinya,, biasanya hasilnya berupa gambar foto transparan dengan menghapus background gambar kotak-kotak

cara-mengedit-gambar-bitmap-ke-vektor-dengan-corel-draw
5.Modifikasi foto hasil tracing clip art coreldraw dari hasil trace bitmap , kemudian ambil gambar bagian kontur hitam untuk di perbaiki dengan kontur yang lebih halus.

cara-tracing-gambar-foto-ke-vektor-dengan-corel-draw
6.Beri warna sesuai warna asli atau boleh disederhanakan dengan mengurangi jumlah warna yang ada.

cara-mengedit-gambar-foto-ke-vektor-kartun-dengan-corel-draw
7.Selesai anda tinggal memisahkan warna ( pecah warna ) baik menggunakan separasi split channel maupun cabut warna untuk di print pada sablon kaos

related post



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tipstriksib

WARNING!!
Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan berkomentar dengan baik dan bijak.

Komentar sobat jangan mengandung unsur ;

1.Penghinaan dan pelecehan
2.Komentar Spam
3.Link aktif atau teks anchor