Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik , LOGO dan desain grafis lainya
Email : mastertracer69@gmail.com

Cara Mendidik Anak Usia Dini Balita Agar Cerdas Pintar Dan Sholeh

cara-mendidik-anak-usia-dini-balita-agar-cerdas-pintar-dan-soleh
Cara Mendidik Anak Usia Dini Balita Agar Cerdas Pintar Dan Sholeh - Anak adalah anugerah titipan tuhan yang diberikan kepada kita selaku orang tua, diibaratkan sebuah kertas polos putih bersih tanpa noda akan diisi tinta warna apa kertas itu ? tinta hitam, tinta biru ,tinta merah atau tinta emas terserah kita yang akan menggunakannya, begitu pula dengan anak tergantung cara orangtua mendidik anaknya. 

Mendidik anak saat usia dini sangat penting untuk masa depan anak dalam membangun pribadi dengan budi pekerti yang luhur, cerdas, pintar dan memiliki akhlak yang soleh / solehah. Anak sebagai generasi penerus silsilah keturunan keluarga yang menjadi pewaris seluruh harta kekayaan dari kedua orangtuanya. cara mendidik anak saat usia dini atau balita yang salah akan menjerumuskan kedua orang tuanya baik di dunia maupun diakhirat. 

Cara mendidik anak kecil mulai balita hingga dewasa menjadi anak berbakti, soleh dan solehah bukan hal yang mudah , diperlukan sikap setia, kasih sayang, kesetiaan dalam membesarkan anak agar kelak menjadi generasi penerus yang bermanfaat bagi dirinya dan terlebih bangsa dan negara. Bagaimana cara mendidik anak secara islami saat usia dini atau balita agar cerdas, pintar dan soleh.

Berikut ini tips cara mendidik anak saat usia dini atau balita ;

1.Utamakan pendidikan agama yang kuat
Agama adalah pondasi dalam membentuk akhlak yang soleh, perilaku dan tabiat yang mencerminkan sosok pribadi yang baik. mendidik anak dengan pendidikan agama merupakan langkah awal untuk menjadikan anak yang soleh / solehah 

2. Pahami sifat dan karakter anak
Orangtua yang baik berusaha memahami karakter anaknya. Ada anak yang sejak awal menunjukan karakter pemalu, periang. Introvert, extrovert atau penuh percaya diri. Sebaiknya perlakukan mereka sesuai dengan karakternya, dan jangan memaksakan anak untuk menjalani karakter lain. Atau memaksanya melakukan sesuatu yang dia belum merasa siap.

3. Hargai perilaku anak

Menghargai setiap perilaku baik anak sebanyak-banyaknya dan usahakan untk menghukumnya sesedikit mungkin. Jika anak melakukan kesalahan, jangan langsung dimarahi. Tapi gali alasan dia melakukannya, serta ajak dia berpikir apakah itu baik atau tidak. Bersikaplah tenang, karena pada dasarnya setiap perilaku anak adalah proses menemukan jatidiri atau identitas dirinya. Dengan cara ini, anak mengerti dan anda bebas stress. Anak usia satu sampai dua tahun adalah usia yang segala perilakunya msaih bersifat eksplorasi. Maka berikanlah kesempatan itu, karena ini sangat bermanfaat untuk perkembangan otaknya.

4. Ajak anak berbicara dalam diskusi
Ingin anak yang pemberani dan punya sifat memimpin ? libatkan dalam diskusi keluarga, dengarkan dan hargai pendapatnya. Lakukan itu sejak dia kecil, agar ingatan itu tertancap di memorinya. Diskusikan banyak hal dengannya mulai dari memilih makanan, baju, berwisata ke mana, sampai sekolahnya sendiri. Hal ini penting untuk membentuk rasa percaya dirinya. Dengan kebiasaan ini, anak juga akan terbiasa dengan penyelesaian masalah secara demokratis.

5. manfaatkan momen bersama anak
Jika anda adalah orangtua bekerja, maka pintar-pintarlah mempergunakan kesempatan terbatas untuk berkomunikasi dengan anak anda seefektif mungkin. Sambil bercanda, usahakan mendapatkan pembicaaan yang ‘berisi’. Misalnya, ajaklah anak mengobrol dengan santai tentang berbagai hal ketika anda mengantar dia ke sekolah. Gunakan juga kesempatan untuk menanamkan nilai-nilai positif ketika anda menemani dia menonton televisi. Mengajak diskusi selalu bisa diawali dengan pertanyaan-pertanyaan yang unik danmungkin bikin dia geli. Missal.”

6. sediakan waktu bersama anak
Meluangkan waktu khusus untuk berdua dengan anak merupakan hal yang penting untuk menumbuhkan ikatan batin antara anda dan anak. Manfaatkan kesempatan berdua untuk memahami dan mendekatkan diri dengan anak. Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut mulai dari saat membangunkan atau mengantarkannya tidur, bermain bersama, menonton televisi bersama, pergi bersama ke tempat-tempat menarik, dan banyak lagi.

7. Ajarkan anak untuk bersikap disiplin
Jika anak sedari kecil dibiasakan untuk disiplin, maka dia akan menjadi pribadi yang teratur setelah dewasa. Terapkan mulai dari hal-hal yang kecil. gosok gigi, cuci kaki, merapikan tempat tidur setelah bangun pagi, sangat baik untuk membiasakan hidup mereka lebih teratur setelah dewasa. Terapkan disiplin secara konsisten. Jika anak melalaikannya, tidak ada salahnya anda memberikan sangsi.

8. Berilah contoh tauladan yang baik 
Anak adalah peniru ulung, maka berhati-hatilah dalam bertingkah laku dan menjalankan kebiasaan.
Anak usia emas (0-5 Tahun) memiliki daya ingat yang sangat kuat, jadi apapun yang anda lakukan bisa menjadi modalnya dalam berprilaku di saat dewasa. Dia belajar berprilaku melalui pengamatannya pada perilaku orang tuanya. Maka berperilakulah yang baik dan hindarkan kata-kata kotor, karena apa yang kita ucapkan dan kita lakukan merupakan modal bagi anak kita dalam berperilaku dan berucap.

9. Komunikasi yang baik terhadap anak
Komunikasikan dengan jelas dan lembut. Ketika anda memberikan perintah kepada anak. Berikan perintah yang spesifik dengan kalimat yang jelas untuk menghindari kebingungannya.

10. Sabar dan tahan amarah juga emosi kepada anak
Perilaku anak kadang membuat orangtua kesal dan jengkel. Sebagai orang tua harus bersikap sabar dihadapan anak, jangan sampai anak menjadi objek omelan, luapan emosi atau bahkan sampai membuat kita tak menghiraukan dan memperhatikannya.

Baca juga Artikel Menarik Lainnya

Cara memilih makanan sehat untuk ibu hamil dan janin bayi
Cara hindari makanan yang tidak aman dikonsumsi pada masa kehamilan
Cara mengajarkan anak belajar menggambar dan mewarnai di usia dini
Cara mengetahui tanda ciri-ciri fisik gejala kehamilan
tanda ciri-ciri cara mengetahui dan menghitung masa subur wanita agar cepat hamil
cara mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan
tata cara panduan senam hamil dan gerakan-gerakan senam ibu hamil
metode cara membuat hamil untuk mendapatkan anak laki-laki
tips agar cepat membuat hamil dan cara mendapatkan punya anak
Cara aman bepergian saat kondisi sedang hamil
Cara mengurus dan memandikan bayi dengan benar
Kumpulan nama bayi islami untuk anak perempuan beserta artinya
Cara menghadapi dan mengatasi anak balita yang mudah menangis
Manfaat gerakan senam hamil untuk memperlancar persalinan dan melahirkan
Manfaat yoghurt untuk kesehatan tubuh dan ibu hamil
tips cara membawa si kecil ke posyandu untuk di suntik imunisasi
Metode Pendidikan Cara Mendidik Anak yang Sholeh dan Cerdas Pintar secara islami
pertolongan pertama pada kecelakaan yang sering terjadi pada anak

Demikian tips cara mendidik anak usia dini balita agar cerdas pintar dan soleh secara islami, Semoga bermanfaat jangan lupa berkomentar dan berkunjung kembali