Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik , LOGO dan desain grafis lainya
Email : mastertracer69@gmail.com

Tutorial Lengkap Cara Membuat Sablon Kaos Distro Manual

tutorial-lengkap-cara-membuat-sablon-kaos-distro-manual
Tutorial Lengkap Cara Membuat Sablon Kaos Distro Manual - Setelah mengenal cara belajar membuat desain kaos distro, rasanya perlu mengetahui proses cara print cetak screen sablon kaos. Kualitas bahan sangat menentukan kualitas akhir dari hasil produksi. Contoh, bahan katun combed memiliki gramasi yang beragam, mulai dari 20S, 24S dan 30S. Semakin besar gramasinya maka kain semakin ringan dan tipis. 

Untuk teknik menyablon, ada dua cara.; 
1.cara sablon kaos manual , dimana proses dilakukan dengan proses cetak manual menggunakan screen dan rakel 
2. cara sablon kaos dengan transfer paper , dimana proses cetak print sablon digital menggunakan printer ke kertas transfer paper kemudian diaplikasikan ke kaos menggunakan mesin hot press. 

Keuntungan menggunakan sablon kaos dengan metode transfer paper adalah hasil cetal sablon full color dan setara dengan kualitas foto. Mengenai cara sablon kaos manual lebih banyak dipakai, karena lebih handal dan tidak mudah luntur. Namun kelemahannya untuk sablon raster atau gradasi.  Untuk sablon manual biasanya maksimal 4 warna CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, black) melalui proses separasi pecah warna dengan photoshop.

Berikut adalah 6 tahapan bagaimana belajar cara menyablon kaos distro atau print sablon kaos manual.

Siapkan design kaos yang akan di sablon sebelum dicetak sablon, jika belum punya sobat bisa membuat desain kaos dan baju t-shirt di photoshop atau corel draw ,  kemudian edit design kaos menjadi film sablon atau klise film sablon yang siap dicetak sablon berdasarkan warna masing-masing, dalam hal ini design kaos harus di proses melalui pecah warna atau separasi warna tergantung desain kaosnya bisa berupa sablon vektor atau berupa sablon raster, anda bisa membuat pisah warna CMYK menggunakan program coreldraw dan photoshop. 

2. Tahap pra-afdruk 
Tahap ini meliputi pembersihan dan persiapan screen.  Siapkan alat-alat sablon yang dibutuhkan seperti sabun colek ,air ,kain spon. cuci screen sablon menggunakan air dan sabun kemudian di lap atau usap dengan menggunakan kain spon. setelah bersih, screen harus dikeringkan dengan menjemurnya di sinar matahari, hal ini perlu karena sebelum di afdruk screen harus benar-benar bersih dan kering. 

Tahap ini meliputi pemberian obat, pembakaran screen, dan pencucian obat pada screen. Siapkan alat-alat antara lain screen, obat afduk,kipas angin/blower,alat perata screen ,campur obat afdruk cairan merah dan putih kemudian masukan sedikit demi sedikit pada screen dan ratakan setipis-tipisnya, kemudian screen dikeringkan dengan menggunakan kipas angin atau blower.  Proses pengeringan ini screen tidak boleh terkena sinar matahari untuk itu dianjurkan pengeringan di ruang tertutup. 

4. Tahap pembakaran screen. 
Proses selanjutnya siapkan materi seperti kaca,desain kaos yg telah diedit,screen,kain dengan warna hitam,busa screen,papan. Ambil papan , taruh busa di atas papan kemudian taruh kain warna hitam di atas busa tersebut lalu ambil screen yang telah kita siapkan kemudian taruh screen diatas kain berwarna hitam setelah itu ambil gambar yang telah diedit dan tempel diatas screen , sebelum design kaos tersebut ditempel di screen terlebih dahulu olesi dengan minyak garong, hal ini dilakukan agar kertas pada gambar akan tembus sinar. setelah itu taruh kaca diatas screen. Kemudian sinari screen dengan sinar matahari. didalam penyinaran waktu yang dibutuhkan antara 3 sampai 5 detik. karena jika terlalu lama dalam penyinaran, perfilm-an screen akan gagal. Setelah screen kita sinari, maka screen tersebut harus dicuci untuk membersihkan berkas-berkas obat. dalam pencucian membutuhkan alat penyemprot, alat ini digunakan untuk membersihkan obat yang tersisa di sela-sela gambar yang terdapat pada screen

5.Tahap penyablonan teknik sablon 
Pada tahap ini, alat-alat yang dibutuhkan antara lain: screen(yang telah difilm), minyak cat,cat,meja berkaca,pengunci screen,rakel ( alat pengesut ), Bahan kain. Ambil screen dan kunci screen pada meja berkaca lalu persiapan untuk cat-nya campur minyak cat dengan cat. setelah itu taruh kain yang akan disablon diatas meja berkaca, tuang cat pada screen secukupnya kemudian kesut menggunakan rakel. maka jadilah hasil sablonan.

6.Penghapusan film 
Tahap ini kita membutuhkan obat pencuci film. Basahi screen dengan air lalu masukan obat pencuci screen pada screen gosok dengan menggunakan kain spon bilas dan keringkan dengan dijemur di sinar matahari 

Demikianlah tips tutorial lengkap cara membuat sablon kaos distro manual . Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin belajar sablon.