Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik , LOGO dan desain grafis lainya
Email : mastertracer69@gmail.com

Cara Koneksi Handphone Di Laptop Atau Pc Melalui Kabel Data Window 7, 8 10

cara-koneksi-handphone-di-laptop-atau-pc-melalui-kabel-data
Cara Koneksi Handphone  Di Laptop Atau Pc Melalui Kabel Data - Melanjutkan Tips sebelumnya mengenai Tip Cara Koneksi Handphone di Laptop atau PC melalui Bluetooth, kini saya akan berbagi juga bagaimana cara Koneksi Handphone melalui kabel data

Menghubungkan ponsel ke PC ataupun komputer sering digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti transfer file dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara menghubungkan HP ke laptop tersebut? Berikut adalah Cara Koneksi Handphone  Di Laptop Atau Pc Melalui Kabel Data

1. Sambungkan HP Anda dengan Kabel Data

Masukkan ujung kabel data yang lebih kecil ke HP Anda. Tergantung dari modelnya, mini-USB port di HP bisa berada di bagian kanan, kiri, atas atau bawah.

2. Masukkan Kabel Data ke USB Port di Laptop
Setelah menghubungkan kabel data yang lebih kecil ke laptop, masukkan ujung kabel data yang lebih besar ke USB Port.

3. Konfirmasi Pilihan Penggunaan Kabel Data di HP Anda

Setelahnya, muncul opsi di layar HP mengenai penggunaan USB di HP Anda. Anda harus mengkonfirmasi tujuan Anda menyambungkan HP ke laptop. Apakah tujuannya hanya untuk charging HP, memindahkan data atau melakukan input MIDI. Bila Anda memilih charging, maka opsi transfer data tidak bisa dilanjutkan.

Dengan menghubungkan HP ke laptop tentunya memiliki risikonya sendiri. Resiko kebocoran data bisa lebih tinggi apabila Anda tidak hati-hati menggunakannya, terutama bila Anda menggunakan laptop dan HP untuk kebutuhan yang berbeda. 

Resiko lainnya adalah virus. Virus bisa berpindah ke HP Anda apabila Anda sering menghubungkan HP ke laptop, bahkan ketika Anda tidak memindahkan file sekalipun. Virus di HP bermacam-macam bentuknya dan bisa menjadi target cybercrime yang berbahaya.

Apa saja virus yang ada di HP? Ada miners (program yang memakan sumber daya), trojan (berpotensi mencuri data pribadi), pests (berpotensi mengubah HP menjadi tidak responsif) dan lain-lain.

Jenis-Jenis Koneksi HP ke Laptop

Satu menghubungkan perangkat Android anda ke laptop dengan USB, Anda akan menemukan beberapa pilihan koneksi yang dapat Anda pilih. Berikut adalah beberapa jenis koneksi yang dapat Anda pilih.

1. Koneksi USB Mass Storage

Jika Anda memilih jenis koneksi ini, HP android Anda akan berhenti bekerja sepenuhnya. Hal ini karena jenis koneksi android ke laptop ini memberikan akses sepenuhnya pada komputer untuk mengakses memory perangkat android Anda. Ketika Anda menggunakan jenis koneksi ini, di layar ponsel android Anda akan muncul notifikasi yang memberi tahukan bahwa perangkat android Anda tidak akan dapat digunakan selama koneksi ini berjalan.

Karena memberikan akses sepenuhnya pada komputer atau laptop, metode ini dianggap berbahaya. Hal ini disebabkan karena bisa saja ada virus yang berpindah ketika Anda menghubungkan perangkat android ke laptop menggunakan kabel USB. Oleh karena itu, jenis koneksi ini tidak lagi dapat digunakan pada perangkat android setelah sistem operasi atau OS Jellybean.

2. Media Transfer Protocol (MTP)

Jenis koneksi ini mirip dengan jenis USB Mass Storage. Bedanya, jenis koneksi ini tidak membuat perangkat Android Anda berhenti sepenuhnya dan lebih aman diakses oleh komputer atau laptop. Melalui jenis koneksi ini, HP android Anda akan dianggap sebagai tempat penyimpanan file atau data yang dapat diakses oleh komputer. Bagi Anda yang menggunakan produk Appel seperti Mac atau Macbook, Anda akan menemukan koneksi ini dinamai Android File Transfer (AFT).

3. Pictures Transfer Protocol (PTP)

Berbeda dengan MTP yang dapat memindahkan berbagai jenis file, Pictures Transfer Protocol adalah jenis koneksi yang hanya dapat memindahkan gambar dari perangkat android ke laptop atau komputer. Lalu apa bedanya MTP? Bukankah MTP juga bisa memindahkan gambar dari android ke laptop?

PTP digunakan ketika laptop atau komputer yang digunakan tidak mendukung jenis koneksi MTP. Selain itu PTP juga berfungsi untuk menghubungkan kamera hp dan laptop. Dengan jenis koneksi ini, Anda dapat menggunakan kamera HP android sebagai kamera laptop atau komputer. Anda juga dapat mengontrol langsung kamera tersebut melalui perangkat yang Anda gunakan.

4. Charging Only

Dari namanya, jenis koneksi ini hanya akan membuat HP android Anda dapat di-charge melalui laptop atau komputer. Jenis koneksi ini tentunya sangat berguna ketika hanya membawa kabel USB tetapi tidak dengan kepala charger HP android Anda.

Berikut adalah beberapa cara menghubungkan internet HP ke laptop yang dapat Anda coba:

1. Melalui Kabel Data

Cara menghubungkan internet HP ke laptop yang pertama adalah melalui kabel data. Anda tinggal menyambungkan HP ke laptop dengan kabel data. Setelah terhubung, buka menu pengaturan HP Anda dan temukan pengaturan ‘Hotspot Portabel’.

Pada menu tersebut, biasanya Anda dapat menemukan tiga opsi: ‘Menyalakan Hotspot Portabel’, ‘Penambatan USB’, dan ‘Penambatan Bluetooth’.

Pada cara ini, klik ‘Penambatan USB’ untuk menghubungkan internet HP ke laptop atau pc dengan kabel data.

2. Via Jaringan Wifi

Jika Anda sedang tidak memiliki kabel data, Anda tetap bisa menghubungkan internet HP ke laptop dengan cara lain, salah satunya adalah via jaringan WiFi.

Cara ini mungkin lebih Anda kenal dengan nama ‘Tethering’. Untuk dapat melakukan tethering, Anda bisa kembali masuk ke menu ‘Hotspot Portabel’. Biasanya di paling atas Anda akan menemukan opsi untuk menyalakan hotspot portabel. Klik tombol yang berada di sebelahnya untuk menyalakan fitur hotspot portabel HP Anda.


Anda juga dapat mengatur nama jaringan WiFi serta password untuk mengamankan hubungan Anda. Umumnya, Anda dapat mengaturnya pada menu ‘Atur Hotspot Portabel’. Selain itu, Anda juga dapat menentukan jumlah perangkat yang dapat terhubung dengan jaringan WiFi Anda.

Untuk mengaturnya, biasanya Anda dapat mengaturnya pada menu ‘Perangkat Terhubung’. Di sana, Anda dapat menemukan pengaturan ‘Batas Perangkat Terhubung’ yang dapat menentukan jumlah perangkat yang dapat terhubung pada jaringan HP Anda.

3. Via Jaringan Bluetooth

Jika koneksi WiFi laptop Anda sedang rusak, Anda bisa membagikan koneksi internet HP ke laptop via Bluetooth. Pastikan terlebih dahulu kalau laptop Anda mendukung konektivitas Bluetooth sebelum menggunakan cara ini.

Untuk menggunakan cara ini, Anda bisa menyalakan terlebih dahulu koneksi Bluetooth HP Anda. Setelah itu, Anda bisa kembali membuka menu ‘Hotspot Portabel’. Di sana, Anda dapat menemukan opsi ‘Penambatan Bluetooth’. Nyalakan opsi tersebut dan hubungkan HP dan laptop atau PC Anda via Bluetooth untuk menikmati koneksi internet.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara menghubungkan HP ke laptop dengan kabel data. Anda tidak perlu bingung lagi apabila ada pekerjaan di HP yang harus diselesaikan di laptop. Tak hanya itu, Anda juga bisa memindahkan file yang ada di laptop ke HP ataupun sebaliknya tanpa harus repot-repot menggunakan internet dan aplikasi chatting serta menikmati koneksi internet dari HP di laptop atau PC Anda.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya